Ini Kriteria Pemimpin yang Baik Menurut Kang Haru Suandharu, Mendekati Sifat Rasul

JABAR EKSPRES  – Anggota Komisi I DPRD Jawa Barat (Jabar) Haru Suandharu membeberkan sejumlah kriteria yang patut dipilih. Salah satu kriteria tersebut adalah yang semendekati sifat wajib bagi rasul.

Pria yang akrab dipanggil Kang Haru itu menguraikan, setidaknya ada empat sifat wajib bagi rasul. Pertama adalah sidiq. Yaitu sifat yang tidak pernah dusta.

“Muhammad sebelum diangkat sebagai rasul sudah dikenal sebagai Al Amin atau orang yang dapat dipercaya,” katanya saat menjadi narasumber Forum Silaturahim Majelis Taklim Salimah di Masjid Pusdai, Kota Bandung, Selasa (02/01).

‘BACA JUGA: Kabar Bawaslu Jakarta Panggil Gibran Hari Ini, TKN Sebut Masih Ngantor di Solo

Kang Haru melanjutkan, sifat berikutnya adalah amanah. Artinya orang yang bisa dipercaya. Lalu tabligh yang bermakna komunikatif.  Dan yang tak kalah penting adalah orang yang bersifat fathonah atau cerdas.

“Jadi kalau memilih pemimpin sedapat mungkin yang mendekati sifat wajib bagi rasul,” tuturnya.

Selepas forum, Kang Haru menguraikan, saat ini pesta demokrasi atau pemilihan calon presiden (capres) maupun DPR, DPRD tengah berlangsung. Menurutnya, semua kandidat capres sudah teruji.

Namun masyarakat masih bisa memilah dan menilai dari ketiga kandidat mana yang lebih memiliki rekam jejak sifat – sifat tersebut. “Mungkin semua (capres.red) memiliki sifat – sifat itu. Tinggal seberapa besar kandungannya,” cetusnya.

Kang Haru menambahkan, sebagai Ketua DPW PKS dan Ketua TKD Amin Jabar, tentunya ia memiliki keyakinan kuat bahwa sifat – sifat yang dimaksud ada di Anies Baswedan. “Kami memiliki keyakinan bahwa sifat – sifat itu ada di Pak Anies. Tentu yang lain punya pendapat masing – masing,” terangnya.

Kang Haru juga mengingatkan agar masyarakat dalam kesempatan pemilu kali ini untuk tidak golput. “Jangan sampai nanti selepas pemilu malah pusing padahal tidak memilih atau justru salah pilih,” pungkasnya.(son)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan