Berikan 1.363 Bantuan Hukum Gratis bagi Masyarakat Miskin, Kanwil Kemenkumham Jabar Salurkan Dana Rp 4,6 M Tahun 2023

BANDUNG – Salah satu capaian kinerja Kanwil Kemenkumham Jawa Barat (Jabar) pada tahun 2023 terjadinya kenaikan signifikan hingga mencapai 62,5 persen, dalam jumlah pemberian program bantuan hukum secara gratis kepada masyarakat jika dibandingkan dengan tahun 2022.

Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kemenkumham Jabar, Andi Taletting Langi menyebutkan, pada tahun ini, telah dilaksanakan sebanyak 1.363 program bantuan hukum, yang terdiri dari 1.116 litigasi dan 247 non litigasi.

“Hal ini menunjukan bahwa peran dari Kanwil Kemenkumham Jabar dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat,” ujar Andi pada kegiatan Rapat Evaluasi Capaian Kinerja dan  Refleksi Akhir Tahun 2023 di Aula Soepomo Kanwil Kemenkumham Jabar Jalan Jakarta No. 27, Kota Bandung, Kamis 28 Desember 2023.

Tak tanggung-tanggung, Andi menyebutkan, sebanyak Rp 4.645.931.200 disalurkan oleh Kanwil Kemenkumham Jabar melalui 49 organisasi Pemberi Bantuan Hukum (PBH) yang telah terakreditasi oleh Kementerian Hukum dan HAM RI dan berada di wilayah Jabar untuk menunjang program tersebut.

Tak hanya itu, Andi menyampaikan sejumlah capaian kinerja dan torehan prestasi yang diperoleh pada tahun 2023. Yaitu keberhasilan yang diperoleh JDIH Pemerintah Provinsi Jabar sebagai Juara 3 kategori Provinsi, JDIH Kota Bogor juara 2 kategori kota, JDIH Kota Bandung juara 3 kategori kota, JDIH Sekretariat DPRD Pangandaran Juara 1 kategori Sekretariat DPRD Kabupaten, JDIH Sekretariat DPRD Kota Bandung Juara 1 kategori Sekretariat DPRD Kota, dan JDIH Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai Juara 2 kategori Perguruan Tinggi.

Penghargaan Pengelolaan Jaringan Dokumentasi Informasi Hukum Nasional  diberikan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Lebih jauh Andi menjelaskan, hal yang membanggakan lainya yaitu pada tahun 2023, dengan diresmikannya 85 Desa/Kelurahan Sadar Hukum, menjadikan Jabar sebagai provinsi terbanyak dalam peresmian dan penetapan Desa/Kelurahan sadar hukum di seluruh Indonesia dengan total 3.206 desa/kelurahan.

“Hal ini pula membawa Keberhasilan 13 Kepala Desa dan Lurah di wilayah Jabar dengan mendapatkan anugerah Paralegal Justice Award dari Badan Pembinaan Hukum Nasional,” tutunya.

Selain itu, lanjut Andi, Divisi Pelayanan Hukum dan HAM tetap konsisten memberikan pelayanan kepada masyarakat seperti melakukan penyuluhan hukum bagi pelajar di wilayah Bandung Raya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan