Siaga Perayaan Tahun Baru 2024, 7 Tempat Wisata di Jabar Jadi Fokus Perhatian Dishub

Jabar Ekspres – 7 daerah wisata di Jawa Barat (Jabar), akan menjadi fokus perhatian Dinas Perhubungan (Dishub) saat malam pergantian tahun 2024 nanti.

Kepala Dishub Jabar A Koswara mengatakan, 7 daerah yang meliputi Pangandaran, Puncak Bogor, Cirebon, Bandung, hingga Garut tersebut, kerap terjadi kemacetan saat perayaan malam pergantian tahun.

“Jadi akses-akses menuju tempat wisata yang di 7 lokasi itu menjadi fokus kita. Tapi tentu bukan hanya Dishub Provinsi (Jabar) saja, tapi ini juga dengan stakeholder terkait, terutama dalam pengaturan lalu lintas itu ada di kepolisian,” katanya saat dikonfirmasi, Jum’at (29/12).

BACA JUGA: Siaga Nataru, 10 Titik Rawan Bencana di Jabar hingga Kereta Cepat Whoosh Jadi Perhatian Kantor SAR Bandung

Untuk pengaturan lalu lintasnya, Koswara menambahkan bahwa nantinya akan melihat terlebih dahulu situasi di lapangan. Jika terjadi kepadatan, pihaknya kata dia bersama jajaran Kepolisian akan langsung melakukan rekayasa lalu lintas seperti salah satunya pengalihan arus.

“Kita akan koordinasi dengan polda, polres, dan dishub Kabupaten/kota. Jadi bukan Dishub provinsi saja. Tapi itu akan situasional tergantung situasi kondisi di lapangan. Jadi kita akan membantu Kepolisian untuk menerapkan itu (pengaturan lalu lintas) dan itu situasinya ada di kepolisian untuk pengaturan itu,” ungkapnya.

Disinggung soal jumlah petugas yang nantinya akan disiagakan, Koswara menuturkan Dishub Jabar kini telah mengerahkan sekitar 4.200 personel yang akan disebar disejumlah titik untuk melakukan pengawasan dan pengamanan saat malam pergantian tahun 2024 nanti.

BACA JUGA: 25.973 Personel Gabungan Siap Amankan Natal dan Tahun Baru di Jabar

“Tapi itu tidak hanya dari provinsi (Dishub) saja, tetapi ada juga dari Dishub Kabupaten/kota, atau instansi pemda (pemerintah daerah) lainya seperti Sapot PP, dan lain sebagainya. Jadi kita gabungan,” pungkasnya

Maka dengan adanya hal tersebut, Koswara menuturkan pengamanan dan pemantauan khusunya lalu lintas saat perayaan malam tahun baru 2024 nanti berjalan dengan lancar. (San).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan