Pemuda Asal Sukabumi Sukses Kelola Ratusan Ternak, Intip Rahasianya di Sini!

Nur Muhamad Ahkam, biasa siapa Ahkam, pemuda asal Sukabumi berusia 24 tahun, sukses menjalani usaha dalam bidang peternakan kambing.

Riki Achmad, Jabar Ekspres

Berbekal pengalaman saat menimba ilmu di Yogyakarta, Ahkam pasca lulus dari kampus Universitas Gadjah Mada (UGM), langsung tancap gas mendapatkan kepercayaan untuk mengelola peternakan.

Dirinya juga membuka peluang untuk semua insan dalam belajar menjadi peternak. Melalui sekolah ternak muda, Ahkam siap membagikan ilmunya itu.

Ahkam kini mengelola ratusan domba di lahan seluas 2,5 Hektare, yang berlokasi di Jalan Kampung Kuta, Desa Purwasari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA: 3 Bahaya Konsumsi ‘Hahu Hoheng’ Panas Bagi Kesehatan, Nomor 3 Paling Parah

Ahkam juga memberikan tips jika ada orang yang ingin belajar menjadi peternak, atau membuka peternakan. Setidaknya ada 5 hal yang Ahkam sampaikan untuk memulai menjadi peternak.

“Pertama perkuat motivasi, memahami dari aspek prospek bisnis,” ujar ahkam pada Jabar Ekspres, Jumat (22/12/2023) lalu.

Ahkam melanjutkan, setelah kedua hal tersebut dirinya menyebut dengan istilah memahami rukun ternak yang terbagi dalam pakan, ternak, dan kandang.

Menurutnya, aspek pakan adalah hal yang krusial yang di mana calon peternak harus cukup paham soal ini. Termasuk cara pengawetan pakan itu sendiri.

“Pertama, dalam aspek ketersediaan (pakan) seperti apa, kita harus bisa mengidentifikasi sumber pakan apa aja yang ada di sekitaran kita. Yang kedua, kualitas pakan yang kita gunakan itu seperti apa, dari segi nutrisi harus bagus, dan masalah harga pakan ini juga jadi moment krusial ketika memang pakan ada dan bagus tapi harganya mahal kan juga masalah,” ujar Ahkam pada Jabar Ekspres, Selasa (26/12/2023).

Ahkam melanjutkan, hal yang berikutnya harus dipahami ialah masalah kandang. Menurutnya, para peternak juga harus mengetahui dan memahami konsep kandang yang efektif.

BACA JUGA: 3 Rahasia Simpan Daun Bawang, Dijamin Bikin Awet!

“Para peternak harus mengetahui bagaimana kandang yang efektif atau yang efisien untuk ternaknya sendiri. Dalam hal kandang itu perhatikan masalah keamanan dan kenyamanan (ternak) itu yang paling penting,” terangnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan