Mini Mania Tambah Titik Macet di Puncak, Pengelola pun Disoal

JABAR EKSPRES – Titik kemacetan baru di kawasan Puncak Bogor bertambah. Kini, kawasan rekreasi Mini Mania yang berada di Jalan Raya Puncak menambah titik kemacetan di sana.

Melansir dari Radar Bogor, kemacetan terpantau di Mini Mania Puncak sepanjang libur Natal 2023 lalu. Banyaknya kendaraan yang keluar masuk menjadikan arus lalu lintas tersendat.

Bahkan, rekayasa lalu lintas (one way) dari arah Jakarta menuju Puncak, kemacetannya terjadi hingga di deoan gerbang masuk Mini Mania.

Keadaan tersebut diperparah dengan lahan parkir liar di bahu jalan yang dibuka oleh Pengelola Mini Mania pada Minggu, 24 Desember 2023.

BACA JUGA: Sejarah Batu Kuda dan Cerita Misterinya

Lokasi wisata dengan tema miniatur dunia itu membiarkan pengunjung parkir di bahu jalan dengan alasan parkiran penuh. Hal inilah yang memperparah keadaan macet di Jalan Raya Puncak.

Keadaan tersebut mendapatkan sorotan dari Ketua MPB (Markas Pejuang Bogor), Atiek Yulis. Menurutnya, parkir liar merupakan penyebab kemacetan yang kerap terjadi di kawasan Puncak. Maka dari itu, dia meminta kepada Satlantas Kabupaten Bogor agar berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor untuk menindak parkir liar.

“Jadi harus disisir parkir liar, kemudian ditertibkan, karena ini jadi penyebab kemacetan di Jalan Raya Puncak,” katanya.

BACA JUGA: Jembatan Cilutung Bakal Menjadi Kawasan Wisata Baru Sumedang

Dia juga meminta kepada pengelola kawasan wisata agar tidak membuka lahan parkir liar hanya untuk keuntungan semata. Terlebih jalan di kawasan Puncak Bogor yang sudah sempit.

“Juga para wisatawan harus sadar, jika parkir sembarang akan menyusahkan banyak orang. Baik petugas kepolisian juga pengguna jalan lain,” ujarnya.

Sebelumnya, kemacetan di kawasan Puncak Bogor terjadi di Mini Mania karena banyaknya wisatawan yang berkunjung. Hal ini membuat arus lalu lintas di kawasan tersebut menjadi tersendat. (*)

BACA JUGA: Malam Tahun Baru, Kawasan Puncak Bogor Bebas Kendaraan

Artikel ini telah tayang di radarbogor.id: Parkir di Bahu Jalan, Pengunjung Wisata di Puncak Ini Disoal

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan