Sediakan 30 Ton Beras SPHP, Disdagkoperin Kembali Gelar Operasi Pasar Murah

JABAR EKSPRES –  Dinas Perdagangan Koperasi UMKM dan Perindustrian (Disdagkoperin) bersama Bank BJB kembali gelar operasi pasar murah dengan total jumlah 30 ton di Techno Park Cimahi, Kamis (21/12).

Beras SPHP dari Bulog Bandung akan dibagikan ke masing-masing kelurahan, tujuannya adalah agar tidak terjadi penumpukan massa ketika mengantre untuk membeli beras tersebut.

Menurut Plt. Kabid Perdagangan Disdagkoperin, Indra Bagjana sebanyak 6 ribu warga penerima terdiri dari 15 kelurahan di Kota Cimahi. Dengan harga beras Rp51 ribu/kilo untuk satu penerima.

“Harga yang semula Rp53 ribu menjadi Rp51 ribu diharga konsumennya, jadi masyarakat bisa beli untuk paket 5 kilo,” ujarnya pada Jabar Ekspres saat ditemui dalam kegiatan Operasi Pasar Murah.

Indra mengatakan sebanyak 400 paket beras yang masing-masing totalnya 2 ton akan dibagi ke setiap kelurahan.

“Ini yang menerima sebanyak 6 ribu penerima dibagi menjadi 15 kelurahan yang masing-masing kelurahan mendapatkan 400 paket yang totalnya 2 ton,” ujarnya.

Jumlah keseluruhan beras yang didistribusikan untuk Kota Cimahi sebanyak 30 ton. Indra menuturkan, pembagian beras melalui kelurahan guna meminimalisir penumpukan massa yang mengantre.

“Jadi se-Kota Cimahi totalnya itu 30 ton. Kita untuk distribusinya tidak ada distribusi langsung yang mengantre, distribusinya sekarang sudah di sebar ke masing-masing kelurahan,” jelasnya.

“Sehingga tidak menyebabkan penumpukan massa yang di khawatirkan dapat menyebabkan ada yang pingsan, atau kecapean, pengamanan harus ekstra seperti P3K,” tambah Indra.

Dari 400 paket yang didistribusikan ke setiap kelurahan. Kelurahan Cibeber hanya mengambil 344 paket.

“Untuk kuota seluruh kelurahan full kuota, seluruh paket semua terjual kecuali satu kelurahan yaitu Cibeber yang tidak sampai 400 paket hanya mengambil 344 paket kemudian sisanya kita bagikan ke kelurahan lain yang menerima dan masih kurang,” bebernya.

Indra menambahkan, kekhawatiran akan kuota yang tidak mencukupi akan tetapi ada, meski masih terdapat warga yang datang secara spontan untuk membeli langsung dilokasi.

“Walaupun itu tidak kita buka, karena khawatir kuotanya tidak cukup tapi memang setiap operasi pasar ada saja satu dua orang yang datang spontan, kalau ada sisa kita buka ya tidak apa-apa, terkecuali kalau tidak ada sisa ya mau bagaimana lagi,” kata Indra.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan