25.973 Personel Gabungan Siap Amankan Natal dan Tahun Baru di Jabar

Jabar Ekspres – Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2024, Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat (Jabar) mengerahkan 25.973 personel gabungan untuk mengamankan wilayah yang kerap kali menjadi tujuan wisata masyarakat.

Kapolda Jabar Irjen Pol Akhmad Wiyagus mengatakan, pengamanan ini dilakukan untuk mencegah berbagai potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), termasuk bencana alam.

“Kami siap mengamankan pelaksanaan Natal 2023 dan tahun baru 2024 didukung sepenuhnya oleh TNI, Pemda maupun stakeholder lainnya, dan seluruh elemen masyarakat yang berkontribusi menciptakan situasi kamtibmas kondusif,” kata Akhmad.

BACA JUGA: Libur Natal dan Tahun Baru, LRT Jabodetabek Siap Angkut Pengguna Lebih Banyak

Menurutnya, personel gabungan akan disiagakan di 323 pos yang terdiri dari 216 pos pengamanan, 83 pos terpadu, serta 87 pos pelayanan.

“Operasi lilin Lodaya 2023-2024 yang dilaksanakan selama 12 hari, dimulai tanggal 22 Desember 2023 sampai 2 Januari 2024. Sasarannya melaksanakan operasi mencegah kriminalitas, kemudian pengaturan lalu lintas dan juga mengatasi bencana alam,” ujar Akhmad.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo menambahkan, sejumlah wilayah yang mendapat atensi khusus pengamanan utamanya merupakan objek wisata, yakni:

  1. Kawasan Puncak di Bogor
  2. Kawasan Ciwidey dan Pangalengan di Kabupaten Bandung
  3. Kawasan Lembang di Kabupaten Bandung Barat
  4. Kota Bandung

BACA JUGA: Lonjakan Penumpang di Bandara Soetta Jelang Libur Natal dan Tahun Baru

“Memang beberapa sasaran operasi yang akan kita lakukan itu termasuk daerah wisata, pengaturan kemacetan lalu lintas, terutama kantung parkir, sehingga dilaksanakan koordinasi dengan pengelola wisata untuk menyiapkan kantung parkir mencegah kemacetan, nanti ada petugas mengawasi dan atur lalu lintas,” kata Tompo.

Polda Jabar mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban selama perayaan Natal dan Tahun Baru 2024. Masyarakat juga diminta untuk selalu waspada terhadap berbagai potensi gangguan kamtibmas, termasuk bencana alam.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan