Rekomendasi Akses Menuju Pangandaran: Bus, Kereta Api, Pesawat dan Kendaraan Pribadi

JABAR EKSPRES – Tak terasa, libur panjang sebentar lagi. Salah satu destinasi wisata tersohor di Jawa Barat adalah Kabupaten Pangandaran.

Di Kabupaten Pangandaran, terdapat banyak destinasi wisata yang dapat dinikmati oleh pelancong. Mulai dari hutan, wisata buatan, hingga pantai.

Nah, buat pelancong yang ingin ke sini dan masih pemula alias pertama kali, boleh nih ikuti  beberapa rekomendasi ini.

Bus/Travel

Saat ini, sudah banyak bus atau travel yang menyediakan rute langsung menuju Pangandaran, baik itu dari Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan lain-lain.

Biasanya, perjalanan akan berakhir di Terminal Pangandaran. Selepas itu, pelancong dapat naik ojek atau becak sesuai tujuan wisata. Selain itu, terminal itu pun tidak jauh dari Pantai Pangandaran sehingga pelancong juga bisa berjalan kaki ke sana.

BACA JUGA: Orchid Forest Cikole Bandung: Review, Tiket Masuk, dan Lokasi

Kereta Api

Untuk kereta api, pelancong dapat naik kereta api dengan tujuan akhir Stasiun Banjar atau Sidareja.

Dari sana, pelancong dapat naik bus umum atau travel dengan tujuan Pangandaran.

Pesawat

Pelancong yang melakukan penerbangan, hanya bisa mengaksesnya dari Bandara Halim Perdanakusuma (Jakarta) denagn tujuan Bandara Nusawiru (Pangandaran). Untuk penerbangan dari daerah lain, belum tersedia, ya.

Dari Bandara Nusawiru, pelancong bisa menaiki bus umum atau pun ojek sesuai dengan tujuan wisata.

BACA JUGA: 12 Destinasi Wisata di Kota Banjar, Janji Ga Nyesel!

Mobil/Motor

Untuk pengguna roda dua atau roda empat, pelancong dapat mengakses surganya wisata alam Jawa Barat itu melalui jalan nasional atau pun jalur lingkar selatan.

  • Jalan Nasional

Pelancong dapat mengakses jalan nasional mulai dari Cileunyi > Rancaekek > Cicalengka > Nagreg > Limbangan > Malangbong > Ciawi  > Tasikmalaya > Ciamis > Banjar > Banjarsari > Padaherang > Kalipuncang > Pangandaran.

  • Jalur Pantai Selatan

Pelancong dapat mengakses jalur pantai selatan ini dari Soreang > Banjaran > Pangalengan > Pantai Rancabuaya > Pantai Santolo > Pantai Sayang Heulang > Pantai Cijeruk > Pantai Cipatujah > Pantai Madasari > Pantai Batu Karas > Pantai Batu Hiu > Pantai Pangandaran.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan