Menlu Retno Tegaskan Bahwa Indonesia Dukung Palestina pada Peringatan Deklarasi HAM PBB

JABAR EKSPRES – Indonesia tegas dalam mendukung Palestina. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat menyampaikan komitmen nasional untuk mendorong hak asasi manusia.

Menlu Retno Marsudi menyampaikan komitmen itu dalam Peringatan ke-75 Tahun Deklarasi Universal HAM di Markas Dewan HAM PBB, Jenewa, Senin, 11 Desember 2023 kemarin.

BACA JUGA: Gaza Mencekam! Militer Israel Minta Warga Palestina Mengungsi

“Pertama, sebagai calon terpilih anggota Dewan HAM PBB, Indonesia menegaskan kembali komitmennya untuk memperkuat solidaritas politik dan dukungan kemanusiaan terhadap Palestina. Termasuk dengan meningkatkan kontribusi ke UNWRA sebesar tiga kali lipat,” ucap Menlu Retno Marsudi melalui keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri RI, Selasa, 12 Desember 2023.

Indonesia juga terus berkomitmen melanjutkan proses ratifikasi International Convention for the Protection of All Persons from Enforced Disappearance (ICPAPED).

Selain itu, Indonesia berkomitmen untuk melindungi dan menghormati hak penyandang disabilitas. Menguatkan peran Komisi Nasional Disabilitas, di samping komitmen untuk mengimplementasikan Strategi Nasional Bisnis dan HAM.

BACA JUGA: Pelukan Maut Netanyahu dan Biden untuk Ratakan Gaza

Menlu Retno juga menyampaikan komitmen negara-negara anggota ASEAN dan Timor Leste untuk mengukuhkan kerja sama HAM di kawasan.

“Kami berkomitmen untuk memperkuat kerjas sama regional di bidang HAM. Termasuk melalui implementasi ASEAN Leader’s Declaration on the ASEAN Human Rights Dialogue yang diadopsi pada KTT ASEAN ke-43,” terangnya saat membacakan pernyataan ASEAN.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan