Aktif Ikuti Pameran Luar Negeri, Produk Jabar Mendunia

Jabar Ekspres – Ekonomi Jawa Barat berhasil tumbuh 4,94% hingga Triwulan III tahun 2023. Jika dilihat berdasarkan struktur dan pertumbuhan ekonomi serta sumber pertumbuhan ekonomi sisi lapangan usaha, industri pengolahan masih memiliki kontribusi tertinggi hingga Triwulan III 2023. Sementara jika dilihat dari struktur dan pertumbuhan ekonomi sisi pengeluaran, konsumsi RT masih memiliki kontribusi tertinggi hingga Triwulan III 2023. Sementara berdasarkan sumber pertumbuhan dari sisi pengeluaran, ekspor memberikan andil tertinggi dibanding sektor lainnya. Ekspor Jawa Barat memegang peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi Jawa Barat.

Ekspor Jawa Barat sangat ditentukan oleh ekspor nonmigas utamanya dari sektor Industri Pengolahan yang berkontribusi hingga 98,48%, diikuti sektor migas sebesar 0,98%, kemudian sektor pertanian sebesar 0,47% serta sektor pertambangan dan lainnya sebesar 0,07%. Dengan komposisi golongan barang utama yakni di sektor kendaraan dan bagiannya yang paling dominan dengan komposisi 20,83 persen disusul mesin dan perlengkapan elektrik yang mencapai 13,45 persen. Sementara untuk komponen Plastik dan Barang dari Plastik yang merupakan komoditi ekspor paling kecil mengambil bagian di 1,96 persen. (Lihat Grafik)

BACA JUGA: Indonesia Terpilih Sebagai Tuan Rumah World Water Forum 2024

Menurut Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Jawa Barat, Noneng Komara Nengsih, selama tahun 2023 ini Disperindag Jabar telah melakukan berbagai langkah sebagai bentuk implementasi strategi serta kontribusi terhadap ekspor khususnya ekspor nonmigas, diantaranya: Promosi dagang melalui pameran dagang nasional maupun internasional, digitalisasi dan networking management.

“Upaya kami mempromosikan berbagai produk ke ajang promosi dan misi dagang di luar negeri diantaranya juga memperkenalkan para pelaku usaha melalui Perwakilan Dagang yang berada di luar negeri seperti Atase Perdagangan, Indonesia Trade Promotion Center (ITPC), atau Fungsi Ekonomi/Fungsi Perdagangan di KBRI/KJRI dengan mengirimkan katalog produk maupun sample produk atau kegiatan Business Matching,” ujar Noneng.

Dalam usaha networking management, lanjut Noneng, penjaringan pelaku usaha dengan memanfaatkan teknologi digital melalui website Indag Foreign Trade Integrated System (INFINITY). Website dibangun dengan tujuan agar mengintegrasikan segala hal terkait ekspor di Jawa Barat termasuk diantaranya integrasi database pelaku usaha ekspor di Jawa Barat. Datanya diperoleh dari berbagai stakeholder ekspor di Jawa Barat antara lain dinas sektor teknis di lingkup Provinsi Jawa Barat, dinas di Kabupaten/Kota di Jawa Barat, serta stakeholder lainnya. “Juga dorongan pemanfaatan Surat Keterangan Asal/Certificate of Origin di wilayah Jawa Barat agar pelaku usaha dapat lebih berdaya saing di pasar internasional. Surat Keterangan Asal adalah dokumen penyerta ekspor turunan dari perjanjian dagang internasional yang dapat mengurangi tarif bea masuk barang ketika melakukan ekspor,” beber Noneng dalam menjabarkan strategi Pemprov Jabar dalam mempermudah akses eskpor.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan