Upaya Kabupaten Bandung untuk Dongkrak Ekonomi Melalui Pariwisata

JABAR EKSPRES – Guna kembangkan potensi dan peningkatan ekonomi pariwisata di Kabupaten Bandung, Dadang Supriatna selaku Bupati Bandung menyambut baik rapat koordinasi yang dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bandung di Hotel Grand Sunshine Soreang, Senin 11 Desember 2023.

Pelaksanaan rapat ini sejalan dengan misi ketiga Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bandung, yakni mengoptimalkan pembangunan daerah berbasis partisipasi masyarakat yang menjunjung tinggi kreatifitas dalam bingkai kearifan lokal dan berwawasan  lingkungan.

“Rapat koordinasi ini merupakan salah satu wujud tanggung jawab pemerintah untuk bersama-sama dengan pelaku usaha pariwisata, dalam pembangunan kembali sektor pariwisata di Kabupaten Bandung,” ucap Dadang Supriatna, dilansir dari Pemkab Bandung.

Menurutnya, pariwisata merupakan salah satu tumpuan penggerak ekonomi, dan meningkatkan pendapatan masyarakat serta daerah.

Oleh karena itu, pembangunan pariwisara haruslah terstruktur, terpadu, dan berkesinambungan agar tujuan pembangunan di sektor pariwisata dapat tercapai.

BACA JUGA: Berkonsep Ramah Lingkungan, Marc Klok Bangun Ulang SLB Budi Mulia Cililin

“Melihat potensi pariwisata dan ekonomi kreatif yang sangat besar, tentunya kita jangan sampai tertinggal untuk mengoptimalkan kecanggihan teknologi digital. Hal ini sebagai strategis yang tepat agar kita mampu bersaing dan memperkenalkan pariwisata, ekonomi kreatif juga produk-produk UMKM seluas-luasnya,” ungkapnya.

Pria yang biasa disapa Kang DS itu menuturkan, pelaku wisata dan ekonomi kreatif harus dapat beradaptasi cepat dengan kemajuan teknologi kan informasi. Selain itu, mereka juga dituntut untuk dapat melakukan promosi digital guna mendongkrak perekonomian masyarakat yang lebih besar.

Maka dari itu, dia berharap kepada semua pihak agar dapat berkolaborasi untuk mengembangkan pariwisata Kabupaten Bandung. Menurutnya, kekayaan wisata yang dimiliki oleh Kabupaten Bandung sangat kaya akan potensi.

“Saya berharap akan terbangun kolaborasi, kemitraan dan kerja sama yang sinergis dan harmonis berbagai semua pihak. Hal ini untuk mendorong pariwisata Kabupaten Bandung semakin Bedas dan ekonomi meningkat,” harapnya. (*)

BACA JUGA: Upaya Pelaku Wisata Lembang Bangkitkan Lagi Geliat Industri Pariwisata

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan