Tanggal 12 Desember Memperingati Hari Apa? Ada 4 Peringatan

JABAR EKSPRES – Bagi Anda yang ingin tahu tanggal 12 Desember memperingati hari apa, yuk simak informasinya sampai tuntas.

Tanggal 12 Desember memperingati hari sebenarnya? Ada beberapa peringatan yang bertepatan dengan tanggal tersebut, salah satunya adalah Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).

Harbolnas adalah perayaan belanja online tahunan yang diadakan setiap 12 Desember. Acara ini diprakarsai oleh enam perusahaan e-commerce besar di Indonesia, yaitu Lazada Indonesia, Zalora, Blanja, PinkEmma, Berrybenka, dan Bukalapak.

Ada berbagai promo dan diskon dari sejumlah e-commerce. Selain promo dan diskon dari e-commerce, juga terdapat penawaran khusus dari restoran, mal, dan tempat lainnya.

Selain Harbolnas, terdapat juga hari-hari khusus lainnya yang diselenggarakan dengan diskon dan promo baik di toko offline maupun online.

Hari Bakti Transmigrasi

Hari Bakti Transmigrasi diperingati setiap tahun pada tanggal 12 Desember dan tahun ini merupakan peringatan yang ke-73. Hari ini merupakan peringatan dimulainya program transmigrasi pada tanggal 12 Desember 1950.

Pada transmigrasi pertama, sebanyak 25 kepala keluarga atau 98 orang dikirim ke Lampung dan Lubuk Linggau.

Transmigrasi merupakan program yang digagas oleh Presiden Soekarno pada tahun 1927 dan penting untuk mendukung pengembangan industrialisasi di luar Jawa serta pemerataan pembangunan di Indonesia.

Baca Juga: Ada Promo Harbolnas, Selasa 12 Desember 2023 di Shopee, Zalora, Tokopedia, Lazada, dll

Hari Netralitas Internasional

Selain itu, pada tanggal 12 Desember juga diperingati Hari Netralitas Internasional. Hari ini diprakarsai oleh PBB dan pertama kali diperingati pada tahun 2017.

Hari Netralitas Internasional berfokus pada advokasi dan kampanye untuk hubungan yang saling menguntungkan dan bersahabat antar negara.

Negara yang netral artinya tidak memihak pada saat konflik atau perang. Netralitas sebuah negara merupakan sarana untuk memperkuat keamanan dan perdamaian di dunia.

Fungsi-fungsi yang termasuk dalam netralitas antara lain pencegahan konflik, negosiasi, mediasi, dan kegiatan pembangunan.

Hari ini juga menjadi momen untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga hubungan yang saling menguntungkan antara negara-negara di dunia.

Hari Jaminan Kesehatan Dunia

Pada tanggal 12 Desember juga diperingati Hari Asuransi Kesehatan Sedunia. Hari ini diprakarsai oleh PBB sejak tahun 2017.

Tinggalkan Balasan