Balita Gatal-Gatal Pasca Banjir Melong, Dinkes Cimahi Imbau Hal Ini

JABAR EKSPRES – Dampak dari banjir Melong beberapa waktu lalu, menimbulkan beberapa penyakit yang muncul ditengah masyarakat, khususnya pada balita. Rata-rata, penyakit yang muncul pasca kejadian banjir adalah gatal-gatal.

Ketua RW 2 Kelurahan Melong, Cimahi Selatan, Yana Suryana mengatakan penyakit yang timbul pasca banjir adalah gatal-gatal.

“Penyakit ada gatal-gatal dan sakit badan, tapi puskemas keliling ada yang memeriksa masyarakat dan stand by di rumah RW untuk menangani masyarakat,” ucapnya pada Jabar Ekspres di Kantor Kelurahan Melong, Senin, 11 Desember 2023.

Saat di konfirmasi pada Dinas Kesehatan, Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Dwihadi Isnalini, mengatakan yang perlu diwaspadai selain penyakit gatal-gatal adalah munculnya penyakit diare yang disebabkan air tercemar.

“Karena adanya limbah yang keluar harus diwaspadai terkait sarana air bersih. Jangan sampai masyarakat mendapatkan sumber air yang biasa digunakan sehari-hari itu tercemar, sehingga bisa menimbulkan penyakit diare,” ucapnya di Kantor Dinas Kesehatan Pemkot Cimahi.

BACA JUGA: Saluran Melong Tersumbat, Sampah Buat Debit Air Meluap

Menurutnya pasca banjir, air bersih rentan tercemar dari limbah yang terbawa. Sehingga area yang tercemar air kotor perlu diwaspadai dan di perhatikan.

“Karena kita tahu air banjir itu bukan air yang bersih, dari selokan atau limbah lainnya sehingga banyak kumannya. Yang ditakutkan itu nanti permasalahan di area itu yang lebih harus di waspadai,” imbuhnya.

Terkait usia penularan penyakit, balita lebih rentan terkena gatal-gatal sehingga perlu penanganan lebih intensif pada balita yang terdampak banjir.

“Tentunya rentan usia, anak balita lebih rentan terkena gatal-gatal dari pada dewasa. Balita kan tidak bisa menyampaikan bahwa mereka gatal, berbeda dengan dewasa,” terang Dwihadi.

“Lebih baik menghindari jangan sampai bermain di genangan air, atau pun kalau berjalan di atas genangan air lebih baik cepat dibilas dengan air bersih,” tambahnya.

Dwihadi menghimbau pada masyarakat yang terdampak banjir di Melong, untuk menghindari bermain di area yang tergenang air banjir, karena ditakutkan penyebab virus dari air yang tergenang tersebut.

“Mengantisipasi penyakit gatal, lebih baik menghindari jangan bermain air karena kita lihat di tv juga malah banyak yang berenang di banjir tersebut. Tapi bila terdampak penyakit gatal-gatal bisa langsung ke puskesmas atau pelayanan kesehatan seperti para kader di posyandu,” imbuhnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan