Indonesia Terpilih Sebagai Tuan Rumah World Water Forum 2024

Jabar Ekspres – Melalui Sidang Umum World Water Council (19/03/2022) di Dakar, Senegal, Indonesia telah terpilih menjadi tuan rumah World Water Forum ke-10 Tahun 2024. Kegiatan puncak 10th World Water Forum akan dilaksanakan di Bali pada 18-24 Mei 2024. Mengusung tema “Water for Shared Prosperity”.

Indonesia membawa harapan bahwa World Water Forum menjadi ajang berbagai stakeholder dari berbagai negara untuk berbagi pengalaman dan inovasi dalam merespon beragam tantangan pengelolaan air secara global. World Water Forum adalah acara internasional yang diadakan oleh World Water Council, sebuah organisasi internasional yang didedikasikan untuk mengatasi isu-isu air global.

BACA JUGA: SPAM Situbatu Berhasil Dinikmati, Ternyata Berkat Usaha Keras Orang Ini

Sejak pertama kali diadakan pada tahun 1997, World Water Forum telah menjadi acara penting dalam agenda global mengenai isu-isu air. Setelah Senegal, Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah 10th World Water Forum dengan mengusung tema “Water for Shared Prosperity”.

Air adalah sumber daya yang tak ternilai harganya. Sebagai bangsa kepulauan yang dikelilingi oleh laut, Indonesia memiliki akses yang melimpah ke air. Namun, tantangan besar menghadang, termasuk masalah akses dan distribusi air yang tidak merata serta kualitas air yang menurun akibat polusi dan perubahan iklim.

Untuk mengatasi tantangan ini, Indonesia berkomitmen untuk mencapai kemakmuran bersama melalui pengelolaan air yang berkelanjutan dan inklusif. Pada 10th World Water Forum yang akan diadakan di Bali tahun 2024, Indonesia mengangkat tema “Water for Shared Prosperity”. Dengan tema ini, Indonesia berharap dapat memperkuat kerja sama internasional dan mendorong inovasi dalam pengelolaan air yang berkelanjutan, sehingga air dapat menjadi sumber kehidupan dan kemakmuran bagi semua orang.

Basuki Hadimuljono, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia berharap dapat membuka peluang kolaborasi dalam pengelolaan sumber daya air yang terpadu dan berkelanjutan. Selain itu, kesempatan ini diharapkan berdampak positifbagi perekonomian Indonesia.

BACA JUGA: Lewat Inpres 15 Ruas Jalan Daerah Di Jawa Barat Akan di Bangun

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti beberapa agenda penting pembahasan forum, yaitu upaya konservasi air, ketersediaan air bersih dan sanitasi layak, ketahanan pangan dan energi, serta mitigasi bencana.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan