Perbandingan Melon Hijau dan Oranye: Manakah yang Lebih Sehat dan Nutrisinya Lebih Unggul?

JABAR EKSPRES – Berikut ini adalah perbandingan antara Melon hijau dan Oranye. Mau tau apa yang membedakannya, baca artikel ini sampai habis ya!

Ada dua jenis melon yang mungkin sudah familiar di lidah Anda: melon hijau dan melon oranye. Selain perbedaan warna dagingnya, apa sebenarnya perbedaan nutrisi di antara keduanya? Mana yang lebih sehat dan memberikan manfaat nutrisi yang lebih baik bagi tubuh Anda?

Melon hijau, dengan daging berwarna hijau segar, merupakan buah yang kaya serat, vitamin C, dan potasium. Ahli diet Brenna Wallace menjelaskan, “Melon juga mengandung vitamin B6 dan folat, yang keduanya penting untuk fungsi otak dan mencegah penyakit Alzheimer.” Kalium dalam melon dapat membantu mengatur tekanan darah, sementara vitamin C mendukung sistem kekebalan tubuh. Jadi, bagaimana dengan nutrisinya?

Dalam setiap 150 gram melon hijau, terdapat:

– Kalori: 61,2
– Lemak: 0,238 gram
– Natrium: 30,6 gram
– Karbohidrat: 15,5 gram
– Gula: 13,8 gram
– Serat: 1,36 gram
– Protein: 0,918 gram
– Kalsium: 10,2 miligram
– Magnesium: 17 miligram
– Folat: 32,3 mikrogram

Sementara itu, melon oranye, dengan daging berwarna cerah, mungkin terlihat kurang sehat, tetapi sebenarnya memiliki keunggulan nutrisi tertentu. Pigmen oranye pada melon menunjukkan tingginya kadar beta-karoten, senyawa yang berubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin A sangat penting untuk kesehatan mata, sel darah merah, dan mengatasi peradangan. Apa saja nutrisi dalam 150 gram melon oranye?

– Kalori: 53
– Lemak: 0,296 gram
– Natrium: 25 miligram
– Karbohidrat: 12,7 gram
– Gula: 12,3 gram
– Serat: 1,4 gram
– Protein: 1,31 gram
– Kalsium: 14 miligram
– Magnesium: 18,7 miligram
– Folat: 32,8 mikrogram

Kedua jenis melon ini memiliki tekstur dan tampilan yang sama, serta tinggi akan vitamin A, C, B6, potasium, serat, dan folat. Kedua melon ini juga dapat membantu mencegah dehidrasi, dengan kandungan air sebanyak 90 persen dan banyak elektrolit.

Namun, ada perbedaan penting antara keduanya. Melon oranye memiliki lebih sedikit gula alami dibandingkan melon hijau, dan nilai karbohidratnya juga lebih rendah. Selain itu, dari segi kandungan vitamin A dan C, melon oranye unggul dibandingkan melon hijau. Dengan nilai nutrisi yang lebih padat, melon oranye mungkin menjadi pilihan yang lebih baik untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan