PERPUSNAS RI Melantik Pengurus Pusat GPMB 2023-2027

JABAR EKSPRES – Perpustakaan Nasional RI dan Pengurus Pusat GPMB atau Gerakan Pembudayaan Minat Baca berkolaborasi menyelenggarakan kegiatan webinar nasional dengan tema Pembudayaan Literasi Melalui Keluarga Menuju Indonesia Emas 2045 yang dilaksanakan secara hybrid. Pelaksanaan acara secara luring berlokasi di Ruang Teater Perpustakaan Nasional RI di Salemba.

Sementara para pegiat pustaka dan literasi di seluruh nusantara hadir secara daring melalui zoom dan streaming di Youtube Perpustakaan Nasional RI.

BACA JUGA: SDN Baturengat 01 Desa Cigondewah Hilir Terendam Banjir, Ujian Semester Ditunda

Ketua Umum GPMB, Herlina Mustikasari, M.A, Ph.D mengatakan, ada empat tujuan penyelenggaraan webinar ini. “Pertama, meningkatkan pemahaman peserta tentang pentingnya literasi keluarga melalui pemaparan dalam seminar nasional. Kedua, memberikan wawasan dan keterampilan praktis untuk meningkatkan literasi keluarga. Ketiga, mendorong pelibatan pemangku kepentingan serta komunitas masyarakat penggiat literasi dalam mendampingi literasi keluarga dalam kehidupan sehari-hari. Dan keempat, melantik kepengurusan PP GPMB 2023–2027 secara resmi,” ujarnya.

Bertindak sebagai narasumber pada webinar nasional ini adalah Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpusnas RI Dr. Adin Bondar, Wakil Ketua TP PKK DIY dan Bunda Literasi DIY GKBRAA Paku Alam, Ketua Umum GPMB Herlina Mustikasari, MA., P.hD., dan Sekretaris Jenderal GPMB Nuradi Indrawijaya, S.Pd. Acara ini dimeriahkan juga dengan penampilan musik literasi oleh Ferry Curtis.

Di akhir acara, usai webinar dilanjutkan dengan pelantikan Pengurus Pusat GPMB periode 2023–2027 oleh Kepala Perpusnas RI yang diwakili oleh Dr. Adin Bondar selaku Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpusnas RI.

BACA JUGA: Terungkap! Berikut Kronologi dan Fakta Tersangka Perusakan Pipa PDAM di Kampung Muara

“GPMB merupakan mitra Perpusnas RI yang sangat penting dan strategis untuk membudayakan minat baca di masyarakat secara konsisten dan berkelanjutan,” ujar Adin Bondar.

PP GPMB 2023–2027 dipimpin oleh Herlina Mustikasari, M.A, Ph.D selaku Ketua Umum yang terpilih dalam Munas GPMB bulan Oktober 2023 lalu di Jakarta. Organisasi GPMB sendiri berdiri pada tanggal 25 Oktober 2001 dan kini telah berusia 22 tahun. Selama ini GPMB telah konsisten membudayakan minat baca dan literasi hingga ke desa-desa di seluruh Indonesia. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan