Angka Stunting Kota Bogor Turun Tertinggi di Jabar, Dedie Rachim Apresiasi Semua Pihak

JABAR EKSPRESWakil Wali Kota Bogor yang juga Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kota Bogor, Dedie A. Rachim menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah terlibat menurunkan angka stunting. Sebab, penurunan angka stunting di Kota Bogor menjadi yang tertinggi di Jawa Barat, dari 2.363 menjadi 1.849 atau turun sebanyak 514 kasus.

“Penurunan stunting Kota Bogor menjadi yang tertinggi di Jawa Barat. Terima kasih untuk para donatur dan kolaborator, terutama di wilayah yang selama ini sudah bahu membahu bertekad menurunkan stunting di Kota Bogor,” kata Dedie Rachim saat hadir di acara Stunting Summit Kota Bogor di Saung Dolken, Kecamatan Bogor Utara pada Rabu, 6 Desember 2023.

Angka stunting di Kota Bogor sebagaimana yang dilaporkan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3KB) Kota Bogor sekaligus Sekretaris Tim Percepatan Penurunan Stunting Kota Bogor, Anas Rasmana dari 2.363 tinggal 1.849 kasus.

Baca juga: Peristiwa Tawuran yang Berujung Maut di Cisaat Sukabumi, Ada Kode ‘Paket’?

Untuk itu kata Dedie, masih terus diupayakan dalam satu dua bulan ke depan sehingga diharapkan terjadi penurunan yang lebih signifikan.

Sebagaimana diketahui target prevalensi nasional sebesar 14 persen. Menurut Dedie, dengan penurunan yang dicapai Kota Bogor, maka bisa memberikan pengaruh kepada Jawa Barat maupun nasional.

“Dalam perjalanannya, penanganan stunting bukan single problem, tapi multi problem. Data menjadi yang utama karena menjadi bagian penting,” sebutnya.

Untuk itu terkait data, dia meminta harus dicek betul, valid, dan hati-hati dalam pengelolaan serta pemanfaatan. Khususnya kepada petugas lapangan yang melakukan input data migrasi dari luar daerah.

Kepala DP3A Kota Bogor, Anas Rasmana melaporkan, selain penurunan angka 2.363 berdasarkan hasil penimbangan bayi balita pada Agustus menjadi 1.849. Turut dilaporkan angka yang berisiko stunting turun dari 21 ribu menjadi 19 ribu.

Selanjutnya, berdasarkan hasil survei intervensi dari program Penting Lur sebanyak 1.000 anak stunting berhasil menurunkan hingga 43 persen.

“Total ada 68 kolaborator yang telah membantu percepatan penanganan stunting di Kota Bogor. Penurunan dari 2.363 menjadi 1.849 hasil penambangan balita setiap bulan, tapi dihitung Agustus 2022 sampai Agustus 2023, masih berjalan dan terus berkurang dan target Kota Bogor saat ini 15 persen dan pada tahun 2024 minimal bisa mencapai 14 persen,” bebernya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan