BLT EL Nino Desember 2023 Akan Segera Cair, Ini Cara Mudah Melakukan Pengecekan

JABAR EKSPRES- BLT EL Nino. Pemerintah tengah menghadapi dampak bencana kekeringan yang disebabkan oleh fenomena El Nino, dan salah satu upaya penanganannya adalah meluncurkan Program Bantuan Langsung Tunai (BLT). Program ini memiliki tujuan mendukung 18,8 juta keluarga dengan memberikan bantuan finansial sebesar Rp400 ribu per keluarga.

Menteri Sosial, Tri Rismaharini, mengungkapkan bahwa anggaran yang dialokasikan untuk program ini mencapai Rp7,52 triliun. “BLT El Nino kami usulkan melalui PT Pos. Kami berani dua bulan karena dengan PT Pos itu lebih cepat supaya tuntas sebelum akhir tahun ini,” kata Risma pada Selasa (7/11/2023).

BACA JUGA: Bansos PKH Desember 2023 Akan Cair, Ini Cara untuk Melakukan Pengecekan

Penerima BLT El Nino dipilih berdasarkan data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS), yang menjadi acuan dalam menetapkan target program perlindungan sosial. Meski demikian, detail data dan anggaran masih akan dibahas lebih lanjut bersama Kementerian Keuangan.

Program BLT El Nino 2023 mencakup pemberian bantuan sebesar Rp400 ribu kepada 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk bulan November dan Desember 2023. Dana bantuan sebesar Rp7,52 triliun akan disalurkan dalam satu transfer tunggal oleh Kementerian Sosial.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani, menegaskan bahwa bantuan ini ditujukan untuk meringankan beban finansial keluarga yang terdampak oleh El Nino. Harapannya, bantuan ini dapat menjaga stabilitas ekonomi di tingkat rumah tangga dan meningkatkan daya beli masyarakat, berkontribusi pada kesejahteraan umum di Indonesia. “Kita transfer satu kali sehingga langsung untuk dua bulan sekaligus Rp400 ribu bagi 18,8 juta KPM, eksekutornya Kemensos,” ujar Sri Mulyani pada Senin (6/11/2023).

Untuk mengecek apakah Anda merupakan penerima BLT El Nino 2023, dapat dilakukan melalui dua cara, yaitu:

  1. Melalui cekbansos.kemensos.go.id:
  • Akses situs web resmi Kemensos di kemensos.go.id.
  • Isi informasi mengenai provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa atau kelurahan tempat tinggal.
  • Input nama Penerima Manfaat (PM) sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Ketikkan empat huruf kode yang muncul di kotak kode (refresh jika diperlukan).
  • Klik “cari data”.
  • Halaman Kemensos akan menampilkan nama penerima manfaat sesuai dengan wilayah yang Anda masukkan.
  • Status BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) atau bantuan sembako yang “Ya” menunjukkan bahwa Anda adalah penerima BLT El Nino.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan