Disdukcapil Kota Bandung Akselerasi Layanan Adminduk Lewat Inovasi Terbaru Program Sila Duduk

JABAR EKSPRES – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung gelar kegiatan Rapat Koordinasi dan Evaluasi Layanan Adminduk Tahun 2023 Guna Mengakselerasi Pemilu Tahun 2024, di Ballroom Hotel Aryaduta Bandung, Senin (4/12).

Digelarnya acara ini guna meningkatkan layanan prima kepada masyarakat di bidang administrasi kependudukan. Selain itu, juga sebagai wadah evaluasi capaian atas cakupan kepemilikan dokumen kependudukan dan catatan sipil di lingkungan Pemerintah Kota Bandung.

Kepala Dinas Disdukcapil Kota Bandung, Tatang Muhtar mengungkapkan, meskipun target capaian berhasil pihaknya penuhi. Namun evaluasi penting dilakukan guna efektivitas berjalannya satu program.

BACA JUGA: Penjualan Langsung Kampoeng Rajoet Binong Jati Bandung Menggeliat

“Alhamdulilah sebelum bulan Desember kita sudah tercapai (terkait pendaftaran penduduk). Terus KIA dari yang ditargetkan kita sudah mencapai seratus persen, tinggal akta kelahiran yang tinggal nol sekian persen,” ungkapnya

“Cuman nanti kita akan menyimak paparan Adminduk dari perspektif DPRD Kota Bandung yakni pak Rizal selaku Ketua Komisi A,” lanjutnya

Hal ini sesuai dengan amanat Undang – Undang Nomor 2013 tentang Perubahan Atas Undang – Undang Nomor 23 Tahun 2006 mengenai Administrasi Kependudukan, bahwa setiap penduduk wajib melaporkan peristiwa kependudukan kepada instansi pelaksana yakni Disdukcapil Kota Bandung.

Bertepatan dengan acara tersebut, Disdukcapil Kota Bandung kembali memperkenalkan inovasi terbarunya guna mengakselerasi layanan Adminduk kepada masyarakat. Melalui program terbarunya yakni Sila Duduk (Silaturahmi Dengan Warga Bincang Adminduk).

Nantinya, layanan ini akan memfasilitasi terkait Pencatatan Akta Kelahiran, Pencatatan Akta Kematian, Perekaman KTP el, Aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD), dan Perbaikan Data (KK) yang bakal bekerja sama dengan para pemuka agama dan penganut kepercayaan masing-masing dengan menyesuaikan jadwal peribadatannya.

Hal ini merupakan satu rangkaian inovasi yang diluncurkan oleh Disdukcapil di periode tahun 2023. Adapun programnya yakni Layad Hati (Layan Dukcapil Hadir di Panti), Pelaminan Jempol (Pelayan Pencatatan Perkawinan Jemput Bola), dan Kadoku Jempol (Perekaman Dokumen Kependudukan Jemput Bola).

Inovasi tersebut merupakan keseriusan Disdukcapil Kota Bandung dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, khususnya pelayanan dalam bidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan