Prediksi BMKG Terkait Peningkatan Curah Hujan di Bandung Raya

JABAR EKSPRES – Peningkatan curah hujan di wilayah Bandung Raya diprediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Bandung akan terjadi selama 3 hari ke depan mulai dari tanggal 1 hingga 3 Desember 2023 nanti.

Adanya prediksi teresebut, Kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung Teguh Rahayu mengatakan, saat ini sebagian besar wilayah Bandung Raya sudah memasuki awal musim penghujan.

BACA JUGA: Catat 33 Kejadian Bencana Selama November 2023, BPBD Minta Warga Selalu Waspada

“Saat ini, di dasarian 1 Desember 2023, sebagian wilayah Bandung Raya telah masuk awal musim hujan. Hal ini juga ditandai dengan adanya pertumbuhan awan-awan rendah yang dapat tumbuh menjadi awan-awan konvektif signifikan yang berpotensi adanya hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang disertai petir dalam skala lokal dan durasi singkat,” katanya saat dikonfimasi, Jumat, 1 Desember 2023.

Selain hal itu, Teguh juga menambahkan dalam analisis streamline, wilayah Bandung Raya tengah menunjuk adanya arah angin variabel yang dapat menyebabkan terjadinya peningkatan curah hujan.

“Jadi masih ada angin timuran dan angin baratan yang mulai terlihat aktif memasuki wilayah Bandung Raya terutama diantara siang, sore dan malam hari,” ucapnya.

BACA JUGA: Pj Gubernur Jabar Nilai Status Darurat Sampah di Bandung Raya Belum Efektif

Maka dari itu, dengan sudah masuknya awal musim penghujan ini, teguh menuturkan BMKG akan terus menghimbau kepada seluruh masyarakat khusunya di wilayah Bandung Raya agar dapat waspada terhadap terjadinya potensi dampak dari cuaca esktrem.

“Khususnya untuk daerah bertopografi curam atau pegunungan yang rawan longsor diharapkan tetap waspada saat terjadinya hujan baik dengan intensitas ringan hingga sedang yang terjadi selama beberapa hari berturut-turut,” pungkasnya. (San)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan