Tingkatkan Kesiagaan Masyarakat melalui Simulasi Kerelawanan Sosial

JABAR EKSPRES – Kesiagaan masyarakat terhadap bencana sangat penting untuk meminimalisir dampak dari bencana. Peningkatan kesadaran dan pelatihan evakuasi dapat menyelamatkan nyawa. Kerjasama antar warga dan pemerintah mendukung kesiagaan yang efektif.

Sebagian masyarakat masih minim pemahaman mengenai pentingnya kesiagaan bencana, dapat mengancam keselamatan. Kurangnya informasi bisa berdampak serius. Upaya edukasi diperlukan agar semua masyarakat dapat siap menghadapi potensi bencana.

Dinas Sosial Kota Cimahi berikan pemahaman mendalam terkait kerelawanan sosial di Eco Wisata Cimenteng, Cimahi Utara. Materi seputar layanan dukungan psikososial kebencanaan pun diberikan pada masyarakat.

Sebanyak 120 peserta dari tiga kelurahan Kampung Siaga Bencana, FK Tanaga Kota Cimahi, dan Dinas Sosial. Tujuannya untuk memberikan edukasi pada masyarakat seputar siaga bencana.

BACA JUGA: Cimahi Komitmen Gencarkan Zero Stunting 2023

Kepala Dinas Sosial, Ahmad Saefulloh mengatakan, kesiapan masyarakat dalam mengahadapi bencana perlu diterapkan guna memberikan pengetahuan dan kesiapan saat bencana tiba.

“Kesiapan bencana tak hanya dibahas dalam suasana rapat formal saja, namun diterapkan dalam bentuk simulasi dan juga permainan untuk memberikan pemahaman tentang kerentanan masyarakat di tengah situasi krisis,” ucapnya pada awak media belum lama ini.

Menurut Ahmad, dengan melakukan simulasi tersebut, dapat membangun pemahaman pada masyarakat akan kebencanaan itu sendiri.

Pembelajaran di indoor dan outdoor sendiri menciptakan pembelajaran yang holistik, serta dapat memberikan suasana baru dalam menumbuhkan kepedulian masyarakat akan lingkungan.

“Simulasi ini dalam bentuk permainan, jadi memberikan sentuhan alam, membangkitkan kepedulian akan lingkungan sekitar sebagai bagian dari kesiapsiagaan terhadap bencana,” kata Ahmad.

BACA JUGA: DPKP Kota Cimahi Dorong Kesadaran Masyarakat terhadap Kawasan Kumuh, Fokus pada Hal Ini!

Ahmad menjelaskan, rakor Kampung Siaga Bencana tersebut merupakan langkah penting dalam meningkatkan kesiagaan masyarakat dan mengoptimalkan potensi lokal untuk penanggulangan bencana.

“Semua pihak yang terlibat diharapkan dapat bersinergi demi keamanan dan kesejahteraan masyarakat Kota Cimahi,” imbuhnya.

Materi seperti Layanan Dukungan Psikososial, yang disampaikan langsung oleh Pusat Kajian Bencana Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung. Materi seputar pemberian strategi konkret dalam memberikan dukungan pada individu dan masyarakat yang terdampak bencana.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan