Perdana di Indonesia, Electric Karting Race 2023 Akan Digelar di Bandung

JABAR EKSPRES – Event balap gokart listrik bertajuk Electric Karting Race 2023, akan berlangsung di Sirkuit Electric Vehicle (EV) PUPR, Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan, Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Jalan AH Nasution No. 264 Kota Bandung pada 15-17 Desember 2023 mendatang.

Sebanyak 20 pebalap tengah mempersiapkan diri untuk bersaing meraih tropi juara dan sejumlah hadiah uang di ajang tersebut. Electric Karting Race 2023 ini merupakan kali pertama digelar di Indonesia.

Ketua Penyelenggara Electric Karting Race 2023, Yudi Herdiana mengatakan, ajang ini merupakan balap gokart listrik pertama di Indonesia hasil kerja sama Kementerian PUPR dengan IMI (Ikatan Motor Indonesia), PT PLN Persero, dan Universitas Pendidikan Indonesia.

BACA JUGA: Karena Hal Ini Gianni Infantino Mengaku Siap Buka Kantor FIFA Cabang Indonesia

“Selain ajang kompetisi para pebalap gokart, event ini dalam rangka mendukung program pemerintah yang tengah mengembangkan konversi dari kendaraan berbahan bakar (BBM) ke kendaraan dengan energi listrik,” ujar Yudi dalam Press Conference Pre-Event Electric Karting Race 2023, Rabu (29/11).

Pihaknya berharap event Electric Karting Race ini masuk dalam agenda IMI Jabar untuk event lomba selanjutnya yang digelar di Sirkuit EV PUPR Bandung.

Yudi menambahkan, sirkuit EV yang dipakai untuk ajang balapan gokart listrik ini dianggap sebagai percontohan teknologi jalan. “Panjang lintasan sirkuit 1 kilometer dengan lebar 6-8 meter yang memiliki 11 tikungan serta menggunakan inovasi konstruksi seperti aspal porous, aspal karet, timbunan ringan, dan aspal dari limbah plastik,” tambahnya.

Terkait persiapan untuk lomba, Yudi menjelaskan, sudah benar-benar dilakukan secara matang sesuai standar IMI, termasuk segi keamanan dan keselamatan bagi para pebalap.

“Kami akan memasang pengaman berupa ban di sepanjang pinggir lintasan. Rencananya, balap gokart listrik ini akan dibuka langsung Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Untuk memeriahkan acara, akan digelar bazar dan hiburan musik dengan bintang tamu Passband,” jelas Yudi.

Sementara, Kabid Olahraga R4 IMI Jabar, Freddy Setiawan mengatakan, event ini sebenarnya telah digagas sejak 2 tahun lalu dan terus dimatangkan oleh Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan PUPR bersama IMI Jabar serta UPI hingga akhirnya menemukan formula yang tepat dalam mengemas gokart bertenaga listrik sesuai regulasi IMI.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan