TPA Sarimukti Overload, Pemkot Banjar Gandeng Hejotekno Luncurkan TPS Kamisama

CEO Hejotekno, Betha Kurniawan, mengatakan peresmian TPS Kamisama di Kota Banjar ini yang pertama. Menurut dia, akan dijadikan pilot projek untuk penerapan di kota dan kabupaten lainnya di Indonesia.

“Kita memiliki banyak mesin pengolah sampah yang bisa menjadi solusi permasalahan terkait pengelolaan sampah. Mesin yang kami buat ini bisa mengolah sampah organik menjadi arang, nantinya bisa dimanfaatkan lagi. Kemudian sampah non organik bisa jadi energi terbarukan. Kemudian residunya bisa menjadi abu yang bisa dibuat untuk bahan paving block,” katanya.

Menurut dia, ada lima kota kabupaten di Jawa Barat yang siap menerapkan mesin pengolahan sampah ini. Selain itu, di Semarang dan Morowali Utara juga sudah menunggu kerja sama tersebut.

Komisaris Hejotekno, Eka Santosa, menyebut produksi sampah menggunakan mesin pengolahan sampah Hejotekno bisa memproduksi 10 ton sampah per hari. Bahkan jumlahnya bisa dioptimalkan dengan menerapkan dua shift kerja.

“TPS Kamisama ini juga ke depan akan menggandeng UMKM, karena sampah yang diproduksi di sini (TPS Kamisama) akan menghasilkan hasil olahan sampah yang bisa dimanfaatkan lagi, baik sebagai pupuk, bahan bakar energi terbarukan, dan lain-lain,” katanya. (CEP)

Baca juga: Dorong Peningkatan Potensi Pariwisata di Kota Bogor, Disparbud Rangkul PWI

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan