Perketat Sistem Pengamanan Lapas, Petugas Dibekali Aplikasi Si Koling Lanjar

JABAR EKSPRES – Lembaga pemasyarakatan (Lapas) kelas llB Banjar terus meningkatkan sistem pengamanan di dalam area Lapas. Sistem pengamanan terbaru yakni digitalisasi sistem kontrol keliling petugas keamanan lapas. Dalam menjalankan kontrol keliling, petugas wajib melakukan scan barcode melalui aplikasi smartphone di beberapa titik penerapan barcode yang sudah disediakan.

Sistem aktualisasi digital itu masih dalam tahap diuji coba. Inisiatornya, Arif Hermawan, mantan Kepala Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Lapas Banjar. Arif Hermawan kini sudah pindah tugas di Lapas Nusakambangan Cilacap. Meski demikian, sistem digitalisasi yang diberi nama ‘Si Koling Lanjar‘ (Sistem Kontrol Keliling Lapas Banjar) ini terus diuji coba dan rencananya akan diresmikan pada awal Desember 2023.

Baca juga: Catat 33 Kejadian Bencana Selama November 2023, BPBD Minta Warga Selalu Waspada

“Di Lapas Banjar belum ada sistem kontrol keliling petugas menggunakan digitalisasi aplikasi, untuk itu saya kemudian menginisiasi sistem peningkatan pengamanan tersebut,” kata Arif Hermawan yang kini bertugas di Lapas Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Selasa 28 November 2023.

Menurut dia, petugas saat kontrol keliling wajib melakukan scan barcode agar kontrol keliling benar-benar dijalankan. Sehingga, tingkat keamanan dan deteksi dini gangguan kamtibmas di Lapas Banjar tetap terjaga.

“Dengan menggunakan aplikasi ‘Si Koling Lanjar ‘ ini, petugas kontrol keliling akan patuh melaksanakan tugas kontrol karena diwajibkan scan barcode di titik-titik yang sudah disiapkan. Baik di masing-masing blok atau di area lainnya,” kata Arif Hermawan.

Hal ini kata dia, merupakan terobosan untuk mengoptimalisasi tingkat pengamanan dan keamanan di dalam lapas.

“Sistem kontrol kelilingnya disesuaikan dengan era digitalisasi, tujuannya agar keamanan di dalam Lapas Banjar optimal,” katanya. (CEP)

Baca juga: Larangan Penunggak Pajak Beli BBM di SPBU di Jabar Bakal Beri Efek Kejut Masyarakat

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan