Kantin “Amanah” RS AL Islam Jadi Kantin Pertama Zona KHAS di Lingkungan Kemenkes

JABAR EKSPRES – Rumah Sakit Al Islam Bandung memiliki kantin yang dikelola secara professional oleh Koperasi Keluarga Besar RS. Al – Islam “Amanah” Bandung. Kantin “Amanah” baru saja mendapatkan penghargaan dari beberapa lembaga sebagai kantin dengan Zona Kuliner Halal Aman dan Sehat atau ZONA KHAS.

Dengan penghargaan tersebut, Kantin “Amanah” menjadi kantin rumah sakit pertama di Indonesia yang digagas sebagai Zona KHAS.

Selain sudah bersertifikasi Halal, Zona KHAS ini akan semakin memberikan kepercayaan kepada masyarakat terhadap keamanan pada setiap hidangan yang disajikan.

Baca juga : Program Home Care Pemkot Bandung Baru Didukung RS AL Islam

Zona KHAS sendiri merupakan program kolaborasi bersama antara Komite Nasional Ekonomi & Keuangan Syariah (KNEKS), Kementerian Kesehatan , Badan Penyelenggaran Jaminan Produk Halal (BPJPH), Kementerian Agama, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) serta Kementrian/Lembaga terkait lain.

Untuk menjadi Zona Kuliner Halal Aman dan Sehat, Kantin “Amanah” RS Al – Islam harus memenuhi beberapa ketentuan diantaranya:

– Pemenuhan Inspeksi Kesehatan Lingkungan (IKL) dari Kemenkes
– Sertifikasi Halal dari BPJPH

Selain itu ada kriteria yang juga harus dipenuhi oleh Kantin “Amanah” untuk menjadi Zona KHAS yaitu :

a. Memiliki minimal 5 kedai (tenant) dalam lingkungan Zona KHAS;

b. Memiliki Mushalla atau masjid berjarak maks 500 (lima ratus) meter dan masih dalam lingkungan kawasan Zona KHAS;

c. Kawasan Zona KHAS dikelola oleh profesional, yang berkomitmen melakukan pengelolaan kawasan Zona KHAS sesuai dengan prinsip manajemen Syariah dan Islami;

d. Tenant memiliki sertifikasi Halal dan Aman Sehat;

e. Memiliki sarana dan prasarana yang terletak dalam satu hamparan yang sama dengan kegiatan menghasilkan produk kuliner halal, aman dan sehat.

Antara lain: tong sampah tertutup, toilet terpisah antara laki-laki dan perempuan, tempat cuci tangan, dll.

Baca juga : RS Al Islam Bandung Minta Satgas Pastikan Konsistensi Suplai Oksigen

Semua tenant telah mendapat stikerisasi dari Dinas Kesehatan dan 3 dari 5 tenant sudah bersertifikasi halal. Dengan demikian, kantin Amanah RS Al Islam Bandung telah memenuhi semua kriteria tersebut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan