Terpaksa Ngungsi, Longsor Terjang Kampung Citiis Bandung Barat

JABAR EKSPRES – Tiga rumah di Kampung Citiis RT 02 RW 11, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat (KBB) rusak parah tertimbun longsor.

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB, Suheri mengatakan, longsor terjadi akibat dipicu hujan dengan intensitas tinggi pada Selasa 21 November 2023, sekitar pukul 19.00 WIB.

Material tanah dari lereng sekitar 30 derajat ambrol mendobrak dinding dan bagian atap rumah. Tak cuma itu, pergerakan tanah membuat tiang penyangga rumah ikut runtuh.

“Sebelum longsor, pemilik rumah mendengar suara gemuruh. Awalnya dikira suara pohon tumbang, saat dilihat ternyata bencana longsor,” kata Suheri saat dihubungi, Rabu (22/11/2023).

Menurutnya, dalam peristiwa itu, tidak ada korban jiwa. Namun, para pemilik harus diungsikan sementara ke rumah kerabat terdekat.

“Rumah yang rusak milik warga. Jadi hujan deras membuat tanah jenuh sehingga mudah longsor. Ditambah lokasi rumah berada di lereng,” katanya.

Ia menambahkan, berdasarkan hasil asesment sementara, 3 rumah yang rusak mengalami kerugian berbeda-beda, secara rinci. Rumah rusak milik Nurdin, 43 tahun, dengan total kerugian Rp80.000.000. Jaya, 63 tahun, total kerugian Rp40.000.000 dan Ahi, 60 tahun, dengan total kerugian kurang lebih sekitar Rp10.000.000. Selain tiga rumah rusak, bencana ini mengancam 7 rumah lainnya.

“Untuk tiga rumah rusak langsung kita evakuasi. Tapi ada pula 7 rumah lainnya terancam. Jadi kita imbau warga agar lebih berhati-hati apalagi bila turun hujan agar keluar dari rumah dan menuju ke tempat yang lebih aman,” tandasnya. (Wit)

Tinggalkan Balasan