Tiga Koperasi Terbaik di Kota Bandung Raih Predikat Sehat pada Penilaian Tahun 2023

Jabar Ekspres – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UKM) Kota Bandung yang merupakan instansi Pembina koperasi telah melaksanakan pengawasan koperasi tahun 2023 untuk tahun buku 2022, menggelar acara pemberian Penghargaan Tingkat Kesehatan Koperasi Tahun 2023, di The Papandayan Hotel Bandung, pada Senin, 20 November 2023.

Acara ini sebagai bentuk apresiasi terhadap koperasi yang telah melaksanakan pengelolaan sesuai dengan peraturan berdasarkan Peraturan Menteri Koperasi dan UKM RI Nomor 9 Tahun 2020 Tentang Pengawasan.

BACA JUGA: Dorong Perkembangan Kewirausahaan di Bidang Energi Baru dan Terbarukan (EBT), Shell Gelar Roadshow LiveWIRE Energy Solutions 2024 di SBM ITB

Mengusung tema Mewujudkan Modernisasi Koperasi yang Sehat dan Berkualitas Guna Meningkatkan Kesejahteraan Anggota dan Masyarakat, serta Launching Sistem Informasi Pengawasan Koperasi (SiPeka).

Ada tiga unit koperasi di Kota Bandung mendapat predikat terbaik dalam Penghargaan Tingkat Kesehatan Koperasi tahun 2023. Ketiga koperasi tersebut yakni Koperasi Pegawai Bank BJB Syariah (Kategori Koperasi Fungsional), Koperasi Simpan Pinjam Nurhafa Husnul Khotimah (Koperasi Warga), dan Koperasi Mahasiswa Universitas Pasundan (Kategori Koperasi Mahasiswa).

Penghargaan diberikan langsung oleh Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono.

Pada kesempatan tersebut, dalam sambutannya Bambang menyampaikan apresiasi kepada para peraih penghargaan. Ia berharap, penghargaan ini menjadi motivasi bagi seluruh koperasi di Kota Bandung agar dapat mengembangkan diri.

“Koperasi sudah memberikan kontribusi dalam hal pemberdayaan ekonomi masyarakat dan kesejahteraan,” ujar Bambang, Senin (20/11).

Ia juga mendorong koperasi yang sudah mendapat predikat sehat ini agar mampu membimbing koperasi lainnya, agar predikat tersebut juga dapat ditularkan pada koperasi-koperasi lainnya.

“Ini motivasi untuk kita sama-sama mengembangkan koperasi di Kota Bandung,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM (Diskop UKM) Kota Bandung, Atet Dedi Handiman menyebut, sebanyak 70 persen koperasi di Kota Bandung masuk dalam kategori sehat pada penilaian tahun 2023 ini.

Adapun sebanyak 29 persen masuk dalam kategori cukup sehat, dan ada satu koperasi yang masuk kategori dalam pengawasan.

Jumlah ini diambil dari 166 koperasi dengan hasil penilaian dari 116 koperasi dengan penilaian sehat, 49 koperasi dengan penilaian cukup sehat, dan 1 koperasi yang disebut dalam pengawasan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan