Link Download Sertifikat PPPK 2023 Seleksi Kompetensi, Ini Cara dan Fungsinya!

JABAR EKSPRES – Berikut adalah link untuk cetak dan download sertifikat seleksi kompetensi PPPK 2023 lengkap dengan caranya.

Bagi peserta yang sudah melakukan ujian seleksi kompetensi PPPK 2023 dengan sistem computer assisted test (CAT), BKN menyediakan fasilitas untuk mengunduh nilai hasilnya dalam bentuk sertifikat.

Seleksi kompetensi PPPK dan CPNS 2023 ini berhak diikuti oleh mereka yang sebelumnya lolos dalam tahap seleksi administrasi. Setelah selesai mengikuti ujian dan mengerjakan semua soal tes, para peserta dapat langsung mengetahui nilai mereka.

Selain itu, nilai tersebut dapat dicetak melalui fasilitas sertificat dari BKN berupa sertifikat SKD atau seleksi kompetensi PPPK dengan cara online.

BACA JUGA: Apa Itu Sertifikat CAT SKD CPNS? Ini Link dan Cara Downloadnya

Simak cara download sertifikat seleksi kompetensi PPPK 2023 di bawah ini.

Cara Download Sertifikat Seleksi Kompetensi PPPK 2023

Ikuti langkah untuk mengunduh sertifikat seleksi kompetensi PPPK secara online dengan mengakses link berikut ini:

  1. Akses web resmi https://sertificat.bkn.go.id/
  2. Masukkan nomor induk kependudukan (NIK) dam juga nomor peserta
  3. Pilih tipe seleksi yang diikuti, misalnya CPNS atau PPPK
  4. Klik Unduh.
  5. Selesai, file sertifikat nilai seleksi kompetensi akan terunduh

BACA JUGA: Cara Cek Jumlah Pelamar Formasi PPPK 2023 dan Daftar Nama Peserta Seleksi Kompetensi

BKN menyampaikan bahwa penerapan program sertifikat ini dimulai pada seleksi CASN 2021. Fungsi utama dari sertifikat SKD ini adalah sebagai bukti keikutsertaan peserta dalam ujian CASN. Meskipun sertifikat dapat diunduh dalam dua tahun setelah mengikuti ujian CASN, penting untuk dicatat bahwa hal ini tidak berarti peserta dapat menggunakan nilai SKD selama dua tahun ke depan.

Selain itu, sertifikat dapat diperiksa validitasnya melalui Validator Sertificat BKN yang dapat diunduh melalui Google Play Store dengan melakukan pemindaian QR Code pada sertifikat. Tak hanya CPNS dan PPPK, fasilitas sertifikat tersebut juga dapat dilakukan oleh peserta ujian Sekolah Kedinasan.

Itulah informasi seputar link download sertifikat seleksi kompetensi dan cara mengunduhnya dengan mudah.

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan