Ini Rencana Erick Thohir untuk Timnas Indonesia U-17

Jabar Ekspres – Piala Dunia U-17 2023 menjadi momentum emas bagi para pemain muda Indonesia untuk menunjukkan talenta mereka. Meskipun Garuda Muda harus mengakui keunggulan Maroko dalam laga terakhir di babak grup dengan skor 1-3, perjuangan mereka tetap patut dibanggakan.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan bahwa hasil Piala Dunia U-17 menjadi pelecut bagi PSSI untuk mempersiapkan tim lebih baik. Ia juga mengatakan bahwa para pemain timnas U-17 merupakan cikal bakal untuk timnas senior di masa depan.

BACA JUGA: Timnas U-17 Indonesia “Dicukur” Oleh Maroko, Bima Sakti Minta Maaf

“Dari timnas U-17 ini mungkin ada lebih dari setengah potensi pemain tim nasional muda kita ke depan yang harus kita jaga. Jangan sampai mereka dengan hasil hari ini tidak berkembang, mereka masih muda muda, kita harus terus bina mereka untuk program jangka panjang,” kata Erick dikutip dari Antara News, Jumat (17/11).

Oleh karena itu, PSSI berencana untuk memberikan kesempatan kepada Timnas U-17 untuk lebih sering melakukan uji coba melawan timnas lain. Intensitas melawan tim-tim kelas dunia akan meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri para pemain muda tersebut.

“Biasanya di FIFA Matchday selalu kita fokus timnas senior, tapi kalau di negara lain tim putrinya tanding, tim juniornya juga tanding. Ini yang kita harus mengubah pola pikir kita. Nanti juga ada kejuaraan dunia U-20 2025 yang kita harus persiapkan dari sekarang,” kata Erick.

Erick juga mengatakan bahwa punggawa Timnas U-17 ini akan diproyeksikan untuk tetap dipertahankan dan dibina untuk program jangka panjang.

BACA JUGA: Timnas Indonesia U-17 Siap Tempur di Piala Dunia, Erick Thohir: Kuncinya Nyali dan Kerja Sama!

“Kalau tim seniornya nanti liga berhenti tim seniornya training camp di Turki sama U-23, ya mereka (Timnas U-17) saya siapin buat training camp juga, karena biasanya di FIFA Matchday selalu kita fokus tim nasional senior, tapi kalau di negara lain tim putrinya tanding tim juniornya tanding gitu. Nah ini yang kita harus merubah pola pikir kita persiapan kita di PSSI,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan