Usai Revitalisasi, Jembatan Abdul Gani I Kota Depok Diklaim Mampu Tahan Beban Hingga 2,5 Ton

JABAR EKSPRES – Warga Kota Depok, terutama warga Kelurahan Kalibaru harus bersabar karena Jembatan Abdul Gani I mendapatkan revitalisasi dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok. Hal ini membuat jalan warga harus terhambat hingga 15 Desember 2023.

Berdasarkan keterangan dari Kepala DPUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty, jembatan eksisting akan dibongkar total. Mulai dari konstruksi jembatan nantinya menggunakan gelagar konvensional, sumuran, dan abutmen.

“Jembatan eksisting dibongkar total, jalan dialihkan melalui Jalan H. Aman untuk motor dan Jalan Padurenan untuk mobil. Sementara ditutup hingga 15 Desember 2023 sesuai kesepakatan kontrak dengan pihak ketiga. Warga diimbau cari jalur alternatif lain,” ucapnya (14/11), dilansir dari Pemkot Depok.

BACA JUGA: Jembatan Abdul Gani I Kota Depok Ditutup Hingga Sebulan Kedepan

Dirinya mengklaim, usai direvitalisasi, jembatan yang berada tepat di depan Masjid Jami Al Jihad ini juga diklaim dapat berusia hingga 50 tahun, jika tidak ada bencana dan dirawat dengan baik. Selain itu, jembatan ini pun mampu menahan beban hingga 2.500 kilogram atau 2,5 ton per meter persegi.

“Saat ini sudah masuk tahap pembongkaran area pondasi eksisting di dua titik. Kemudian pembongkaran lantai dan railing jembatan lama, pembuatan sumuran dan abutmen dua sisi,” jelasnya.

Lalu, ada juga pengerjaan tentang pembuatan balokan gelagar dan lantai jembatan beserta kelengkapannya. Terakhir, sedang dilakukan pengerjaan terhadap pembuatan orpit di area jembatan. (*)

BACA JUGA: Jembatan Abdul Gani I Kota Depok Ditutup, Warga Diimbau Cari Jalan Lain

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan