Calon Pj Wali Kota Banjar Kini Bersaing di Kemendagri, Pemenang akan Disahkan Presiden RI

JABAR EKSPES – Nama-nama calon Penjabat (Pj) Wali Kota Banjar yang sudah diusulkan oleh DPRD Banjar, Gubernur, dan Kemendagri kini memasuki proses penyaringan di tingkat pusat.

Usulan DPRD Banjar untuk calon Penjabat (Pj) Wali Kota Banjar yang diusulkan DPRD Banjar berjumlah dua orang, yakni Sekda Kota Banjar Soni Harison dan Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat, Engkus Sutisna.

“Jadinya dua nama yang diusulkan oleh DPRD Banjar, pejabat dari daerah dan dari provinsi. Sementara yang dari pusat tidak bisa karena jabatannya fungsional,” kata Ketua DPRD Banjar, Dadang R. Kalyubi, Rabu 15 November 2023.

BACA JUGA: Staf Ahli Gubernur Jabar Ini Siap Pulkam untuk Jadi Pj Wali Kota Banjar

Sementara itu, Pj Gubernur Jabar juga telah mengusulkan tiga nama untuk Pj Wali Kota Banjar, yakni Dodit Ardian Pancapana selaku Kepala Dinas Kehutanan Jawa Barat, kemudian Ida Wahida Hidayati Kepala Dinas Sosial Jawa Barat, dan Yudia Ramli selaku Direktur BUMD, Badan Layanan Umum Daerah Dan Barang Milik Daerah, Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri.

Menurut Pj Gubernur Jabar, Bey Triadi Machmudin, usulan beberapa calon Pj bupati / wali kota sudah diserahkan sepenuhnya ke Kementerian Dalam Negeri atau Kemendagri.

“Untuk Pj bupati / wali kota memang kami mengusulkan tetapi, dari DPRD juga ada, dan ada juga dari Kemendagri,” ucapnya.

BACA JUGA: Kenapa Dinamakan Kota Banjar? Ini Sejarahnya!

Secara aturan, Bey mengaku pengusulan nama calon Pj bupati wali kota tersebut akan dilakukan oleh 3 instansi pemerintahan.

“Jadi untuk pengusulan calon Pj bupati walikota itu ada 3 pengusulan dari Pemprov, DPRD kota, dan nanti dari Kemendagri. Kemudian akan disaring jadi 3 besar, dan kemudian di bapak Presiden (Jokowi) keputusannya,” katanya.

Maka dari itu, Bey menuturkan pengusulan nama Pj bupati walikota yang dilakukan oleh Pemprov Jabar berdasarkan hasil penilaian.

“Daerah yang diusulkan 6 – 7 kota dan kabupaten di Jabar yang akan berakhir masa jabatannya pada Desember 2023. Kota Tasikmalaya sudah diperpanjang untuk jabatan Pj-nya,” jelasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan