Ketua KPK Firli Bahuri Penuhi Panggilan Dewas KPK Hari ini

JABAR EKSPRES – Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK) memanggil kembali Ketua KPK Firli Bahuri pada hari ini, Senin 13 November 2023. Firli Bahuri telah mengonfirmasi siap untuk menjalani pemeriksaan etik terkait pertemuannya dengan tersangka kasus dugaan korupsi eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

“Sesuai surat resmi Dewas KPK, terkait penjadwalan ulang pemeriksaan terhadap ketua KPK yang akan dilaksanakan pada Selasa, 14 November 2023, Bapak Firli Bahuri mengkonfirmasi akan hadir memenuhi undangan pemeriksaan tersebut sesuai tanggal yang telah ditentukan,” kata Kepala Bagian Pemberitaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri saat dikonfirmasi di Jakarta, seperti dikutip JabarEkspres.com dari ANTARA pada Senin 13 November 2023.

Baca juga: KPK Lakukan OTT kepada Pj Bupati Sorong

Ali memaparkan bahwa dirinya mempercayakan seluruhnya kepada Dewas KPK untuk menangani pemeriksaan kasus yang menyeret Ketua KPK Firli Bahuri.

“Mari kita ikuti proses pemeriksaan di Dewas ini dan menunggu putusannya. Kami yakin profesionalitas dan independensi Dewas dalam memeriksa dan memutus penegakan etik ini sebagaimana amanah undang-undang,” kata Ali.

Diketahui sebelumnya, Ketua KPK Firli Bahuri dijadwalkan melakukan pemeriksaan etik pada Rabu, 8 November 2023. Namun tidak hadir dengan alasan tengah menjalani kegiatan dinas di Aceh.

Dirinya dilaporkan kepada Dewas KPK karena foto yang beredar bersama dengan Syahrul Yasin Limpo di lapangan olahraga.

Firli Bahuri mengelak bahwa pertemuan tersebut dilakukan ketika SYL telah terlibat kasus.

“Pertemuan di lapangan bulu tangkis antara saya dengan menteri pertanian, saat itu Syahrul Yasin Limpo, terjadi sebelum periode tersebut, tepatnya yaitu sekitar pada tanggal 2 Maret 2022, dan itu pun beramai-ramai di tempat terbuka,” kata Firli dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin 9 Oktober 2023 lalu.

Baca juga: Polda Jabar Amankan 200 Barang Bukti Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang, Masih Ada yang Belum Ditemukan

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan