Kawasan Metropolitan Rebana Didukung Proyek Strategis Nasional

JABAR EKSPRES – Pengembangan Kawasan Metropolitan Rebana juga sejalan dengan visi dari pemerintah pusat. Hal itu nampak dari kucuran sejumlah Proyek Strategis Nasional (PSN) di Jawa Barat (Jabar). Proyek – proyek itu sangat menunjang pertumbuhan dari Kawasan Metropolitan Rebana.

Asisten Deputi Penataan Ruang dan Pertanahan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Marcia menguraikan, berdasarkan Permenko No 7 Tahun 2023, terdapat 211 proyek dan 13 program sebagai PSN di Indonesia. Estimasi nilai investasinya mencapai Rp 5.746,9 triliun.

BACA JUGA: Investor Diajak Melihat Langsung Berbagai Proyek Strategis di Kawasan Metropolitan Rebana

Berkaitan dengan itu sedikitnya ada 33 proyek dan 2 program PSN yang mendukung Provinsi Jabar. Proyek itu di antaranya, 12 proyek jalan, 7 proyek bendungan dan irigasi, 5 proyek kereta, 1 proyek energi, 1 proyek pelabuhan, 3 proyek air bersih, 1 proyek pendidikan, 1 proyek tanggul, 1 proyek ketenagalistrikan dan 1 program pengembangan wilayah.

“Per Oktober 2023 telah selesai 11 proyek senilai Rp 184,69 triliun,” katanya.

Marcia melanjutkan, upaya serius pemerintah pusat itu juga nampak dari diluncurkannya Perpres No 87 tahun 2021 tentang percepatan pembangunan kawasan Rebana dan Kawasan Jawa Barat Bagian Selatan. Untuk kawasan Rebana sedikitnya 81 proyek atau program dengan nilai investasi mencapai Rp 234,59 triliun. Di antaranya ada 24 proyek jalan, 6 proyek perhubungan dan proyek lainnya.

Lalu 89 proyek atau program di Kawasan Jawa Barat Bagian Sslatan.

“Evaluasi sementara per November 2023 ini 7 proyek telah selesai,” cetusnya.

BACA JUGA: Rebana Expo 2023 untuk Pikat Investor Dalam dan Luar Negeri

Progres proyek lainnya adalah, 12 proyek dalam tahap kontruksi, 48 proyek dalam tahap persiapan dan 103 proyek dalam tahap perencanaan.

“Estimasinya pada 2024 nanti 31 proyek akan selesai,” sambungnya.

Harapannya angin segar PSN itu makin menunjang pertumbuhan Kawasan Metropolitan Rebana. Dan dampak positifnya lagi adalah untuk kesejahteraan masyarakat juga.(son)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan