JFLS Expo Sosialisasikan Beasiswa untuk Pelajar SMA dan SMK di Kota Cimahi, Berikut Persyaratannya!

JABAR EKSPRES, CIMAHI – JFLS Expo mengadakan sosialisasi seputar beasiswa bagi pelajar SMA dan SMK di Kota Cimahi yang akan melanjutkan pendidikan hingga perguruan tinggi.

Selain itu, terdapat program JFLS Goes to School untuk menginspirasi dan memotivasi siswa-siswi di Kota Cimahi untuk mengenyam pendidikan hingga perguruan tinggi.

Koordinator Lapangan JFLS Kota Cimahi, Serlina Agustin menyebutkan bahwa program tersebut merupakan sosialisasi dalam rangkaian JFLS Expo dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

Baca juga: Publikasi Kinerja Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor Tahun 2023

“Beasiswa JFLS diharapkan dapat meningkatkan kesadaran siswa bahwa betapa pentingnya perguruan tinggi yang nantinya membantu tujuan pendidikan mereka. Juga untuk meningkatkan prestasi pelajar dalam hal pendidikan,” ucapnya pada Jabar Ekspres, Rabu 8 November 2023.

Serlina menjelaskan, beasiswa JFLS berbentuk bantuan biaya pendidikan dan terdapat program pendampingan bagi para pelajar.

“Beasiswa JFLS itu dalam bentuk bantuan biaya pendidikan. Namun selain itu juga, bagi yang lolos beasiswa dapat program pendampingan. Seperti pelatihan soft skills, ada beberapa kegiatan yang menambah relasi, membangun jiwa kepemimpinan, dan kewirausahaan,” terangnya.

Beasiswa JFLS diperuntukkan bagi siswa yang sudah diterima oleh perguruan tinggi negeri maupun swasta. Di mana perguruan tinggi tersebut dibawah naungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar).

“Jadi program beasiswa JFLS ini bagi siswa yang sudah keterima di perguruan tinggi negeri dan swasta, serta perguruan tinggi itu pun ada dibawah naungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Teknisnya pasti akan ada sosialisasi di setiap tahunnya bagi siswa-siswi SMA dan SMK,” terang Serlina.

Beberapa persyaratan yang harus dilengkapi seperti admistrasi yang dilakukan secara online dan nantinya akan diseleksi oleh Pemprov Jabar dan perguruan tinggi masing-masing.

“Jadi, teman-teman SMA dan SMK harus melengkapi persyaratan, di antaranya surat keterangan diterima oleh perguruan tinggi. Biasanya di JFLS ada persyaratan lainnya seperti mengisi esai, dan melengkapi berkas-berkas lainnya. Sementara untuk seleksi administrasi, seleksi berkas, dan seleksi dari Pemprov Jabar dan perguruan tinggi,” jelasnya.

Penerimaan beasiswa pun ditentukan dari jenis-jenis serta kategori berdasarkan beasiswa. Beasiswa tersebut tersedia untuk full selama empat tahun dan percepatan selama satu tahun.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan