Atribut Palestina Warnai Rapat Paripurna, Ketua DPRD Kabupaten Bogor: Bentuk Dukungan Kami

JABAR EKSPRES, BOGOR – Ada yang berbeda dari gelaran Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bogor, Selasa 7 November 2023. Rapat dengan agenda Penetapan Perda Pondok Pesantren dan Rekomendasi nama Calon Penjabat (Pj) Bupati Bogor tersebut diwarnai atribut Negara Palestina, mulai dari bendera hingga aksesoris yang dikenakan peserta rapat dan staf sekretariat DPRD Kabupaten Bogor.

Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto mengatakan, pihaknya memang sengaja membangun nuansa seperti itu sebagai wujud keberpihakan terhadap perjuangan rakyat Palestina untuk kemerdekaan negara mereka sendiri.

 

Baca juga : Upaya Stabilkan Harga Bahan Pokok, Pemkot Sukabumi Gelar Pangan Murah

“Ini merupakan salah satu bentuk dukungan kami seluruh anggota DPRD beserta staf Sekretariat DPRD Kabupaten Bogor, pemerintah daerah dan semua elemen kemasyarakatan yang ada di Kabupaten Bogor terhadap perjuangan saudara kita di Palestina yang hingga saat ini menghadapi agresi militer zionis Israel,” terang Rudy Susmanto.

 

Rudy mengatakan, dukungan bangsa Indonesia terhadap perjuangan rakyat Palestina bukan sekedar karena sentimen keagamaan belaka. Indonesia yang menolak segala bentuk penjajahan di muka bumi, kata Rudy, juga punya historis panjang dengan Palestina.

 

 

“Palestina menjadi negara pertama yang mendukung kemerdekaan Indonesia, bahkan sebelum Indonesia memproklamiran kemerdekaan,” kata dia.

 

Pernyataan Rudy merujuk Sejarah pada 6 September 1944, Mufti Besar Palestina, Syekh Muhammad Amin Al Husaini, mengucapkan selamat kepada Indonesia melalui Radio Berlin.

 

Pengakuan itu menjadi salah satu bentuk dukungan kepada Indonesia, yang saat itu belum memproklamasikan kemerdekaannya.

 

Padahal, waktu itu Palestina masih menghadapi imperialis Inggris. Meski begitu, Al Husaini tetap menyebarluaskan dukungan Palestina kepada Indonesia.

 

Tak hanya itu, Palestina juga ikut melobi sejumlah negara-negara di Timur Tengah untuk mengakui kemerdekaan Indonesia. Alhasil, pada 22 Maret 1946, Mesir memberikan pengakuan kemerdekaan Indonesia dan disusul negara-negara lainnya.

 

“Jadi melalui forum resmi ini, melalui rapat paripurna kali ini, Kami menegaskan Kabupaten Bogor mendukung Palestina, Indonesia mendukung perjuangan rakyat Palestina untuk merdeka,” pungkas Rudy.(SFR)

Baca juga: Dugaan Investasi Bodong Berkedok Arisan di Kota Banjar, Jaksa Masih Teliti Berkas

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan