7 Alasan Kenapa Kamu Mungkin Merasakan Nyeri di Dada Sebelah Kiri, Bukan Hanya Karena Jantung

JABAR EKSPRES – Dalam keseharian, nyeri dada sebelah kiri seringkali dikaitkan dengan serangan jantung. Namun, nyatanya, ada banyak faktor lain yang dapat menyebabkan sensasi tidak nyaman di area ini.

Mari kita kupas tuntas 7 penyebab nyeri dada sebelah kiri yang mungkin belum Anda ketahui, dan jangan khawatir, tidak semuanya berhubungan dengan jantung.

1. Gastritis yang Merayap

Siapa sangka, nyeri dada sebelah kiri bisa menjadi efek samping dari masalah pencernaan seperti gastritis. Lambung yang meradang dapat menciptakan sensasi nyeri dan tekanan di daerah dada, memberikan kita pengalaman serupa dengan gejala serangan jantung. Jadi, jangan langsung panik, mungkin lambung kita sedang memprotes karena menu makanan yang tidak sepakat.

Baca Juga: Jadwal Tayang The Marvels di Bioskop Bandung, dan Link Beli Tiket Online

2. Kondisi Otot dan Tulang Rusak

Aktivitas fisik yang berlebihan atau gerakan yang tidak biasa dapat menyebabkan ketegangan otot atau kerusakan pada tulang rusuk. Ini bisa menghasilkan nyeri dada sebelah kiri yang membuat kita mengira sedang mengalami masalah kardiovaskular. Jadi, sebelum panik, periksa apakah Anda memiliki aktivitas fisik yang tidak biasa baru-baru ini.

3. Masalah Pada Paru-paru

Infeksi paru-paru atau bahkan emboli paru-paru dapat menjadi penyebab nyeri dada sebelah kiri. Gejalanya mungkin termasuk sesak napas dan nyeri tajam. Meskipun bukan serangan jantung, masalah ini tetap serius dan perlu penanganan medis segera.

4. Refluks Asam yang Rewel

Refluks asam adalah penyakit umum yang dapat menyebabkan nyeri dada sebelah kiri. Ketika asam lambung naik ke kerongkongan, dapat menciptakan sensasi terbakar dan nyeri di dada. Jadi, bagi yang sering mengalami keluhan ini, bukan tidak mungkin itu hanya refluks asam yang tengah bersiaran.

5. Kondisi Kecemasan dan Stres

Pikiran yang gelisah dan stres dapat menciptakan ketegangan pada otot dada, menghasilkan sensasi nyeri yang kadang-kadang sulit untuk dibedakan dari serangan jantung. Segera ambil napas dalam-dalam dan pertimbangkan untuk merilekskan pikiran Anda sejenak.

Baca Juga: 40 Bola Voli Gratis! Cek Kode Kupon The Spike Volleyball Story 7 November 2023

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan