Jadwal Tes dan Contoh Soal PPPK Guru 2023 dengan Jawabannya

JABAR EKSPRES – Peserta seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) Guru 2023 yang telah lulus seleksi administrasi akan segera menjalani uji kompetensi.

Uji kompetensi PPPK Guru 2023 merupakan tahapan berikutnya yang melibatkan serangkaian ujian dan wawancara.

Adapun jadwal ujian akan diumumkan pada 1-4 November mendatang, sementara pengumuman daftar peserta, waktu, dan tempat seleksi kompetensi akan dirilis pada 5-8 November 2023. Pelaksanaan seleksi kompetensi dijadwalkan berlangsung antara 10 November hingga 4 Desember 2023.

Tes dalam seleksi PPPK Guru 2023 terdiri dari beberapa jenis yang telah diatur melalui Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 649 Tahun 2023.

Seleksi kompetensi PPPK Guru terbagi menjadi seleksi kompetensi teknis, seleksi kompetensi manajerial, seleksi kompetensi sosial kultural, dan wawancara.

Semua ujian tes dilakukan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) yang dijalankan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Adapun instansi daerah juga dapat menyelenggarakan seleksi kompetensi teknis tambahan selain melalui CAT BKN.

Dalam peraturan tersebut juga tercantum nilai ambang batas atau passing grade untuk PPPK Guru 2023. Jumlah soal tes dan wawancara sebanyak 145 butir soal, terdiri dari seleksi kompetensi teknis (90 butir soal), seleksi kompetensi manajerial (25 butir soal), seleksi kompetensi sosial kultural (20 butir soal), dan wawancara (10 butir soal). Nilai ambang batas berbeda-beda untuk setiap jabatan guru, seperti Guru Agama, Guru Bahasa Prancis, Guru Bahasa Mandarin, dan lain-lain.

Baca Juga: Jadwal dan Lokasi SKD CPNS KPK 2023, Cek Sekarang!

Berikut adalah prediksi contoh soal tes wawancara PPPK Guru 2023 beserta cara menjawabnya.

1. Pertanyaan pertama adalah tentang motivasi menjadi seorang guru.?

Jawaban yang tepat adalah menyebutkan motivasi untuk mengabdi kepada negara dan masyarakat, serta ikut serta dalam mencerdaskan generasi muda dan kemajuan bangsa.

2. Apakah bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia?

Jawaban yang baik adalah menyatakan kesediaan untuk ditempatkan di mana saja, karena merasa menjadi bagian dari masyarakat Indonesia dan tetap berusaha profesional dalam menjalankan tugas.

3. Menanyakan apakah bersedia ditempatkan di daerah-daerah di seluruh Indonesia?

Jawaban yang tepat adalah dengan menyatakan kesiapan untuk ditempatkan di mana saja di seluruh Indonesia, karena seorang guru profesional harus siap mengajar dan mendidik di mana saja untuk mencerdaskan generasi muda.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan