Waduh! Saluran Air di Simpang Ciawi Ditutup Sampah

JABAR EKSPRES – Pemandangan dan bau tak sedap menghiasi Simpang Ciawi, Kabupaten Bogor, Senin, 6 November 2023. Pantauan Jabar Ekspres di lapangan, melihat banyak tumpukan sampah di saluran air tersebut. Bahkan ada yang sudah rata dengan tanah.

Padahal, kondisi saat ini, Kabupaten Bogor sedang dalam mengalami perlalihan musim dari kemarau ke musim hujan. Sehingga, tumpukan sampah tersebut dapat mengakibatkan banjir.

Kepala Bidang (Kabid) pengolahan sampah DLH Kabupaten Bogor Ismambar Fadli mengungkapkan, pihaknya akan melakukan kordinasi terlebih dahulu dengan Unit Pelaksana Tugas Dinas (UPTD) Sumber Daya Air (SDA) Provinsi Jawa Barat.

BACA JUGA: Darurat Sampah Kecamatan Cimahi Selatan, Plt: Fokus Ubah Perilaku Masyarakat

“Kita akan kordinasi dulu yah, bagaimana mengatasi hal tersebut. Karena kewenangan pengelolaan badan air ada di SDA Provinsi maupun BBWS Kementerian PUPR,” ujarnya kepada Jabar Ekspres, Senin, 6 November 2023.

Terkait penanganan cepat untuk antisipasi banjir, DLH akan meninjau terlebih dahulu ke tempat pembuangan sampah ilegal itu (di Simpang Ciawi).

“Langkah pertama, kami akn menginstruksikan Ka. UPT untuk meninjau ke lapangan. Terkait dengan bagaimana cara mengangkut sampah tersebut,” ucapnya.

BACA JUGA: Dewan Minta Pemkot Bandung Percepat Komunikasi Terkait Penggunaan TPA Cibereum

Namun, kata dia, pengangkut sampah itu harus menggunakan alat berat dan dukungan dari masyarakat.

“Nampaknya perlu menggunakan alat berat dan dukungan masyarakat. Sedangkan alat berat, seperti amphibi tidak kami miliki. Perlu ada koordinasi dengan DPUPR,” tutupnya. (SFR)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan