Roti Ubi Cilembu, Kreasi Baru Siswa PKW Kabupaten Sumedang

JABAR EKSPRES – Pimpinan LPKMA Kabupaten Sumedang, Eti Rusmiati, mengungkapkan bahwa salah satu siswanya menciptakan sebuah inovasi baru yang berasal dari siswa program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Level Platinum. Mereka menciptakan roti berbahan dasar ubi Cilembu.

“Waktu itu ada siswa asal Pamulihan memberi masukan membuat roti yang isinya ubi Cilembu. Dari situ kami ambil buat eksperimen, dan ternyata hasilnya luar biasa enak sekali,” ucapnya, dilansir dari Pemkab Sumedang.

Dalam prakteknya, ubi Cilembu dibeli langsung dari petani di Desa Cilembu, Kecamatan Pamulihan. Sebelum menjatuhkan pilihan kepada ubi khas Kabupaten Sumedang itu, pihaknya telah mencoba beberapa jenis ubi. Sayangnya, dari segi rasa dan tekstur berbeda (tidak lembut).

BACA JUGA: Apakah Tol Cisumdawu Beri Dampak untuk Sumedang?

Seusai kreasi roti tersebut booming, pihaknya kerap kali mendapatkan pesanan yang tidak kurang dari 1000 buah.

“Kalau ada pesanan nanti para siswa yang akan langsung membuatkan,” ujarnya.

Sementara, Dila Nurfadila selaku Instruktur Tata Boga LPKMA Kabupaten Sumedang menjelaskan, ubi Cilembu memiliki kelebihan pada cita rasa yang khas. Selain itu, juga dapat mengangkat kearifan lokal Kabupaten Sumedang sebagai penghasil ubi Cilembu.

“Kami sebelumnya pernah memakai bahan ubi lain tapi rasanya tidak seenak ubi ini. Jadi roti Cilembu ini memang punya rasa yang khas,” tuturnya. (*)

BACA JUGA: Upaya Sumedang Tangkap Peluang dari Keberadaan Tol Cisumdawu

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan