Pulang dari Prancis, Bupati Bogor Beberkan Soal Kerja Sama Pengelolaan Air

Jabareskpres.com, BOGOR – Bupati Bogor Iwan Setiawan membeberkan hasil kunjungannya ke  Prancis, Senin 23 Oktober 2023.

Pemkab Bogor akan memastikan keseriusannya dalam kerja sama pengelolaan air dengan perusahaan Suez Pte. LTD Prancis.

“Kami disana membahas kerja sama bidang air minum, diantaranya tentang pembangunan instalasi pengolahan air minum berbasis teknologi,” kata Iwan Setiawan kepada media, Senin (6/11).

Sebelumnya, Bupati Bogor Iwan Setiawan dan Perumda Air Minum Tirta Kahuripan menandatangani MoU atau nota kesepahaman dengan SUEZ Services Pte. Ltd.

MoU tersebut menjadi upaya Pemkab Bogor dalam membangun kerja sama peningkatan infrastruktur pengelolaan air minum dan mengurangi risiko-risiko krisis air di masa yang akan datang.

Iwan mengungkapkan, dari hasil kunjungannya ke Prancis itu akan menerapkan sistem pengolahan air di Kabupaten Bogor berkolaborasi dengan Suez Pte. Ltd.

“Kami ingin memastikan keseriusan mereka Suez ini kan multi internasional yang memang ada di 40 negara. Minggu pertengahan November kami akan ada penandatanganan dari PDAM,”paparnya.

Suez Pte. Ltdb nantinya, akan menggandeng pihak ketiga untuk memperluas layanan pendistribusian khususnya untuk di wilayah Kecamatan Cileungsi, Gunungputri, Klapanunggal, Jonggol dah area Kabupaten Bogor bagian timur lainnya.

Kendati demikian, kerja sama itu akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit, untuk itu Pemkab Bogor akan membuka Beuty kontes bagi siapa saja yang akan ikut serta dalam pengelolaan air tersebut.

“Iya kan ini mengandalkan APBD enggak mungkin bisa, karena pernyataan modal  sendiri Rp140 miliar itu dari mana. Yang ini kami sepakati bersama. Kami tidak bisa diatas penjualan PDAM kita. Dia akan menghitung jika pesibel untuk dikerjakan ya jalan. Kalo engga ya tidak mungkin kita bekerja sama dengan PT itu harga jualnya di atas,” pungkasnya. (SFR)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan