Rencana Pembangunan Kereta Gantung Terus Dimatangkan, Untuk Mengurangi Kemacetan di Kabupaten Bandung

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Bandung berencana akan membuat kereta gantung untuk memudahkan transportasi di Kawasan Pacira (Pasir Jambu, Ciwidey, Rancabali) hingga ke Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Nantinya, kereta gantung itu akan beroperasi sepanjang 15 kilometer yang berawal dari menara Sabilulungan Soreang. Selain itu, adanya kereta gantung itu juga untuk mengurangi kemacetan di kawasan tersebut.

Bupati Bandung Dadang Supriatna, membenarkan adanya rencana untuk membuat kereta gantung di Kabupaten Bandung.

Menurutnya, nanti kereta gantung ini akan berawal dari Menara Sabilulungan dan membentang sepanjang 15 Kilometer.

“Saya kalau berdasarkan panjang sekitar 15 kilometer antara Menara sampai dengan Rancabali, dan dari Rancabali sampai ke Gambung kurang lebih 10 kiloan,” ujar Dadang saat ditemui, Senin, 17 Juli 2023 lalu.

Dadang menjelaskan awal adanya gagasan mengenai pembangunan kereta gantung ini diawali dari dua akses jalan yang masih representatif, seperti di Pacira dan Pangalengan.

Menurutnya, kedua akses jalan tersebut sangat strategis karena ada beberapa tempat wisata, khususnya kawasan Pacira yang masuk ke wilayah Cidaun, Cianjur perbatasan.

“Dua akses jalan ini sangat strategis pendapat saya. Kenapa? Karena di situ ada tempat wisata. Bahkan itu hampir 1.000 tempat wisata yang berada di dua daerah ini, Pacira dan Pangalengan, yang aksesnya ke laut ke Rancabuaya dan Cidaun,” katanya. (Agi)

Tinggalkan Balasan