Indonesia Akan Kirim Bantuan Kemanusiaan ke Palestina, Ini Agendanya

Jabar Ekspres – Indonesia akan mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Palestina untuk membantu warga yang terdampak konflik. Tiga pesawat dari TNI AU dan Polri akan terbang ke Mesir untuk mendistribusikan bantuan tersebut.

Dua pesawat C-130 Hercules milik TNI AU akan terbang dari Jakarta pada Sabtu, 4 November 2023. Pesawat-pesawat ini akan membawa bantuan dari Pemerintah Indonesia, Palang Merah Indonesia, dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksamana Muda (Laksda) TNI Julius Widjojono membenarkan informasi itu dan menyebut dua unit Hercules yang diberangkatkan berasal dari Skadron Udara 31 dan Skadron Udara 32 TNI AU.

BACA JUGA: Palestina Kembali Menjerit, Rieke Diah Pitaloka: Perjuangannya Adalah Kemerdekaan!

Selain itu, satu pesawat Boeing 737 charter milik Mabes Polri juga akan ikut dalam misi kemanusiaan ini. Pesawat ini akan membawa bantuan tambahan dari kepolisian.

“Selain dua unit pesawat Hercules TNI AU dilibatkan juga satu unit pesawat charter (Boeing 737 Garuda) oleh Mabes Polri sehingga total dukungan pesawat untuk mengangkut logistik bantuan kemanusiaan ke Palestina berjumlah tiga unit pesawat,” kata Julius dikutip dari Antara News (2/11).

Tiga pesawat tersebut akan berangkat dari Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma di Jakarta pada pukul 08.30 WIB. Presiden Joko Widodo dijadwalkan melepas rombongan yang mengangkut bantuan kemanusiaan tersebut.

Rombongan pesawat dari RI itu dijadwalkan tiba di Mesir pada Senin, 6 November 2023. Dari Mesir, bantuan akan disalurkan ke Gaza melalui Bulan Sabit Merah Mesir dan UNRWA United Nations Relief and Works Agency for Palestine Refugees in the Near East/Agensi Pekerjaan dan Pemulihan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pengungsi Palestina di Timur Dekat).

“Rute penerbangan dalam misi kemanusiaan ini yakni Halim (Jakarta) – Aceh – Yangon (Myanmar) – New Delhi (India) – Abu Dhabi (Uni Emirat Arab) – Jeddah (Arab Saudi) – El Arish (Mesir). Kolaborasi antarinstansi yang solid menjadikan proses pengiriman bantuan sampai dengan saat ini berjalan lancar,” kata Kepala Pusat Penerangan TNI.

BACA JUGA: Menlu Retno Ungkap Kecewa Atas Tindakan DK PBB Tangani Konflik Israel-Palestina

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Lalu Muhammad Iqbal pada sesi jumpa pers di Jakarta, Rabu (1/11), menyampaikan bantuan itu nanti diserahterimakan ke Bulan Sabit Merah Mesir, kemudian disalurkan ke Gaza oleh UNRWA.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan