Kulit Terasa Kering Saat Musim Kemarau? Ketahui Cara Merawatnya

JABAR EKSPRES – Saat musim kemarau, merawat kulit sangat penting untuk dilakukan untuk mencegah kulit kering atau dehidrasi, pastikan cara yang kamu gunakan sudah benar.

Penting untuk diingat bahwa setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda, jadi hal ini perlu perhatian khusus untuk mengidentifikasi kebutuhan khusus kulit kamu dan merawatnya sesuai.

Berikut ini beberapa langkah yang dapat kamu ikuti untuk merawat kulit selama musim kemarau, di antaranya:

Cara Merawat Kulit

  • Gunakan tabir surya

Teruslah menggunakan tabir surya setiap hari, bahkan saat cuaca cerah. Paparan sinar matahari dapat merusak kulit hingga meningkatkan risiko penuaan dini serta penyakit kulit.

BACA JUGA: 4 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Kulit Wajah!

  • Gunakan pelembap

Pilih pelembap yang cocok untuk jenis kulit kamu dan aplikasikan setelah mandi atau cuci muka. Pastikan pelembap kamu bebas dari alkohol, yang dapat membuat kulit kering.

  • Mandi dengan air hangat

Mandi dengan air hangat daripada air panas, karena air panas dapat menghilangkan minyak alami kulit. Hindari mandi terlalu lama, karena ini juga bisa mengeringkan kulit.

  • Gunakan sabun ringan

Cara lain merawat kulit yaitu dengan menggunakan sabun atau pembersih wajah yang lembut dan bebas dari bahan kimia yang keras. Hindari sabun dengan alkohol dan pewangi yang kuat.

  • Konsumsi cukup air

Pastikan kamu cukup minum air untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dari dalam. Air membantu menjaga kelembapan alami kulit kamu.

  • Hindari mandi dengan sabun antibakteri terlalu sering

Sabun antibakteri dapat menghilangkan minyak alami kulit, jadi gunakan dengan bijak dan hanya saat diperlukan.

BACA JUGA: 8 Cara Merawat Kulit Agar Tetap Sehat & Terjaga Kelembapannya!

  • Gunakan pelembap khusus untuk tangan dan kaki

Beberapa bagian pada kulit cenderung lebih rentan pada kekeringan, untuk itu cara merawatnya dapat dengan menggunakan pelembap yang lebih kental atau khusus untuk tangan dan kaki.

  • Gunakan masker wajah

Masker wajah dapat membantu menjaga kelembapan dan menjaga kulit tetap lembut. Gunakan masker sesuai kebutuhan, dan pastikan mereka cocok dengan jenis kulit kamu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan