Dinkes Kabupaten Bogor Sebut Belum Ada Kasus Cacar Monyet

JABAR EKSPRES, BOGOR- Isu cacar monyet atau monkeypox masih menjadi perhatian masyarakat saat ini. Namun kasus tersebut belum ditemukan di wilayah Kabupaten Bogor.

Hal itu disampaikan Kabid P2P Dinkes Kabupaten Bogor Adang Mulyana yang mengungkapkan terkait penyakit cacar monyet belum ditemukan di Bumi Tegar Beriman.

“Di Kabupaten Bogor belum ada laporan ke kita adanya Cacar Monyet,” kata Adang Mulyana saat dihubungi Jabar Ekspres, Selasa 31 Oktober 2023.

Baca juga: Pemkab Bogor Kembali Gelar Uji Emisi, 600 Kendaraan Tes Kelayakan

Adang menyebut, gejala mirip cacar itu ditandai dengan demam diatas 38,5⁰C, ruam, nyeri otot, lesi (benjolan berisi nanah), yang khas ada pembesaran kelenjar getah bening (limfadenopati) kadang ada kelemahan tubuh.

“Antisipasi berupa penguatan surveilans Mpox, surat edaran kewaspadaan untuk puskesmas dan RS sudah dilakukan. Kalau vaksin kita belum dapat,” paparnya.

“Karena bisa ditularkan melalui droplet jadi harus ketat di protokol kesehatan. Pakai masker cuci tangan , pakai sabun,” sambungnya.

Kendati begitu, Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor belum menerima vaksin untuk penanganan kasus cacar monyet dari pemerintah pusat.

“Kalau vaksin droping pusat. Sementara rencana distribusi untuk yang sudah ditemukan kasus,” pungkasnya (SFR)

Baca juga: Rombongan Jemaah Haji Asal Sukabumi Gagal Berangkat, Ini Sebabnya!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan