Daging Sapi Dikonsumsi Metah, Ketahui Beberapa Bahayanya!

JABAR EKSPRES – Konsumsi daging sapi yang masih mentah diketahui dapat menyebabkan berbagai bahaya bagi kesehatan apabila proses pengolahannya tidak dilakukan dengan baik.

Menghindari berbagai risiko buruk bagi kesehatan, sebaiknya selalu memasak daging sapi dengan baik.

Berikut ini terdapat beberapa bahaya yang perlu kamu ketahui dari mengonsumsi daging sapi mentah:

Bahaya Konsumsi Daging Sapi Mentah

  • Keracunan Makanan

Daging sapi yang tidak dimasak dengan baik dapat mengandung bakteri seperti E. coli, Salmonella, dan Campylobacter. Konsumsi daging sapi mentah atau setengah matang dapat menyebabkan keracunan makanan, yang bisa memicu gejala seperti mual, muntah, diare, sakit perut, dan demam.

BACA JUGA: Pastikan Dimasak Merata, Ini Bahaya Konsumsi Daging Ayam Mentah!

  • Infeksi Parasit

Daging sapi yang mentah atau tidak dimasak dengan sempurna juga dapat mengandung parasit seperti Trichinella. Parasit ini dapat menyebabkan bahaya seperti infeksi yang serius, seperti trichinosis. Gejala trichinosis akibat konsumsi daging mentah ini meliputi nyeri otot, demam, dan masalah pencernaan.

  • Kontaminasi Bakteri Patogen

Selain E. coli dan Salmonella, daging sapi mentah juga bisa terkontaminasi oleh bakteri patogen lainnya seperti Listeria monocytogenes. Listeria dapat menyebabkan infeksi serius terutama pada orang dengan sistem kekebalan yang melemah, seperti wanita hamil, bayi, dan orang tua.

BACA JUGA: Ketahui Bahaya dari Konsumsi Permen Secara Berlebih!

  • Potensi Zoonosis

Daging sapi mentah dapat mengandung mikroorganisme yang awalnya berasal dari hewan dan bisa ditularkan kepada manusia. Ini dikenal sebagai zoonosis. Misalnya, E. coli dan Salmonella adalah bakteri yang dapat ditularkan dari hewan ke manusia.

  • Gangguan Pencernaan

Konsumsi daging sapi mentah juga dapat berbahaya seperti mengganggu sistem pencernaan, karena daging mentah lebih sulit dicerna oleh tubuh manusia dibandingkan dengan daging yang dimasak dengan baik.

  • Defisiensi Gizi

Daging sapi mentah mungkin tidak memberikan manfaat gizi yang sama seperti daging sapi yang dimasak dengan baik. Proses memasak dapat membantu dalam pemecahan serat dan memastikan nutrisi dalam daging dapat diserap lebih efektif oleh tubuh.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan