Sejarah Nama Prabowo Subianto Djojohadikusumo

JABAR EKSPRES – Bakal calon presiden Prabowo Subianto dan bakal calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka, hari ini, Rabu, 25 Oktober 2023, mendaftarkan diri sebagai Capres dan Cawapres ke KPU RI, Jakarta. Mereka berdua akan ikut bertanding di kontestasi Pilpres 2024 mendatang.

Merupakan putra dari Soemitro Djojohadikoesoemo, seorang ekonom dan politikus Indonesia. Prabowo Subianto mengambil nama ‘Subianto’ dari pamannya yang gugur dalam Pertempuran Lengkong, Serpong – Tangerang Selatan bersama dengan 34 orang lainnya, di antaranya Mayor Daan Mogot.

BACA JUGA: Jelang Pendaftaran, Pendukung Prabowo-Gibran Dirikan Pagar Pembatas di Depan KPU RI

Soebianto Djojohadikoesoemo lahir di Kebumen, Jawa Tengah, 15 Juli 1924, wafat pada 25 Januari 1941, berusia 21 tahun, di Pertempuran Lengkong, Serpong, Tangerang Selatan.

Saat masih kecil, Prabowo Subianto menghabiskan waktunya di luar negeri. Prabowo mengemban ilmu di Victoria Institution di Kuala Lumpur, Malaysia; Zurich International School di Zurich, Swiss; dan The American School di London, Inggris.

BACA JUGA: Prabowo-Gibran Gunakan Pakaian Berwarna Senada, Apa Maknanya?

Prabowo Subianto mengawali karir militer di TNI Angkatan Darat pada tahun 1976, sebagai Letnan Dua setelah lulus dari Akademi Militer di Magelang. Saat usianya menginjak 26 tahun, Prabowo menjadi salah satu Komandan Pleton termuda dalam operasi.

Dia memiliki peran penting dalam misi penangkapan Nicolau dos Reis Lobato, pemimpin Fretilin, yang saat Operasi Seroja menjabat sebagai Perdana Menteri. Prabowo juga membawahi sekitar 11 ribu pasukan cadangan ABRI.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan