Gadis 16 Tahun Iran Kritis Usai Kontroversi Pakaian dan Bentrok Polisi Moral

Kematian Amini memicu demonstrasi besar-besaran di Iran, meluas hingga ke beberapa negara Barat. Amnesti Internasional kembali menuntut penyelidikan lebih lanjut terkait kasus Garawand, dengan mencurigai pemerintah Iran berusaha menutup-nutupi kejadian ini.

Bukti rekaman video dari pemerintah Iran juga dipertanyakan keasliannya setelah diduga diedit. Beberapa anggota keluarga dan teman Garawand yang diwawancarai oleh media pemerintah belum dapat diverifikasi, dengan dugaan bahwa mereka mungkin mendapat ancaman atau tekanan untuk menyampaikan versi sesuai dengan pemerintah.

Jurnalis Iran, Maryam Lotfi, juga ditangkap setelah pergi ke Rumah Sakit Fajr untuk memeriksa kondisi Garawand. Ini bukan pertama kalinya petugas keamanan Iran melakukan kekerasan kepada perempuan.

Pada November lalu, seorang gadis berusia 16 tahun, Hasti Hossein Panahi, ditangkap oleh aparat keamanan Iran setelah berdemonstrasi. Panahi dikabarkan jatuh koma akibat dugaan penyiksaan selama penahanan, dan pihak berwenang melarangnya berkomunikasi dengan siapapun, termasuk keluarga, selama ditahan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan