Delapan Jam Berlalu, Ketua KPK Firli Bahuri Masih Diperiksa Bareskrim Polri

JABAR EKSPRES – Pemeriksaan yang menyeret Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri telah berlangsung selama enam jam. Firli Bahuri diperiksa sebagai saksi atas kasus dugaan pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Pemeriksaan berlangsung di ruang pemeriksaan Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dittipidkor) Bareskrim Polri, Jakarta Selatan pada Selasa 24 Oktober 2023 yang dimulai pukul 10.00 WIB.

Baca juga: KPK Terseret Kasus Korupsi, Novel Baswedan: Firli Bahuri “Giant Fish”

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak memaparkan bahwa Firli Bahuri sampai di Gedung Bareskrim Polri pada pukul 09.40 WIB.

Diketahui, Firli Bahuri akan diajukan sejumlah pertanyaan oleh penyidik gabungan Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya dan Dittipidkor Bareskrim Polri.

Pemeriksaan dimulai sesuai jadwal,” kata Ade kepada awak media, Selasa 24 Oktober 2023.

Ade membeberkan bahwa Firli Bahuri sudah delapan jam berada di ruang pemeriksaan.

“Masih (diperiksa). (Sekarang) sedang break dan salat Ashar,” lanjutnya.

Selain itu, Ade juga memaparkan perihal sejumlah pertanyaan yang diajukan kepada Ketua KPK Firli Bahuri mengenai dugaan kasus pemerasan dan penerimaan gratifikasi.

Selanjutnya, pihak penyidik juga menggali informasi mengenai pertemuan Firli Bahuri dengan Syahrul Yasin Limpo di lapangan bulutangkis, Jakarta Pusat.

“Seputar dugaan tindak pidana korupsi yang terjadi, berupa dugaan pemerasan atau penerimaan gratifikasi atau penerimaan hadiah/janji oleh pegawai negeri atau penyelenggara negara yang berhub dengan jabatannya,” pungkasnya.

Sebelumnya, kedatangan Syahrul Yasin Limpo tidak tercium awak media sejak Selasa, 24 Oktober 2023 pagi di Bareskrim Polri.

Ketua KPK Firli Bahuri diduga menggunakan mobil Toyota Camry dengan warna hitam bernomor polisi (nopol) B 1990 RF. Kini mobil masih terparkir di depan Gedung Rupatama Mabes Polri sejak pukul 09.40 WIB.

Baca juga: Ketua KPK Firli Bahuri Diam-diam Penuhi Panggilan Penyidikan

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan