TPA Cikundul Terbakar, Area Pemukiman Dipastikan Aman

SUKABUMI, JABAR EKSPRES – Para petugas Bidang Damkar dan Penyelamatan Dinas Satpol PP dan Damkar Kota Sukabumi, dibantu dengan pihak lainnya berhasil memadamkan kebakaran yang terjadi di area Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cikundul pada Minggu, 22 Oktober 2023.

Dalam pantauan Jabar Ekspres di TPA Cikundul sekitar pukul 11.50 WIB, aktivitas di sana sudah kembali normal dan seperti biasa.

Kepala Bidang (Kabid) Pemadam kebakaran kota Sukabumi, Ujang Rustiandi mengatakan bahwa kebakaran tersebut dipastikan tidak akan merambat ke area pemukiman warga sekitar.

“Engga ada yang merambat, hanya asapnya aja,” jelasnya saat dikonfirmasi Jabar Ekspres pada Senin, 23 Oktober 2023.

Kemudian, ia pun menghimbau kepada masyarakat di sekitar TPA Cikundul agar lebih berhati-hati dan tidak merokok di area tersebut.

BACA JUGA: TPA Cikundul Terbakar, Penyebab Belum Diketahui

“Untuk kepada pemulung jangan membuang puntung rokok sembarangan, dan untuk berhati-hati jika beraktivitas di tempat sampah serta menghindari hal penyebab adanya api,” paparnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun oleh Jabar Ekspres, TPA Cikundul yang berlokasi di Kampung Saluyu, RT 05 RW 07, kelurahan Situmekar, Kecamatan Lebursitu, Kota Sukabumi, terbakar pada Minggu, 22 Oktober 2023 sekitar pukul 12.30 WIB.

Kemudian, petugas pemadam kebakaran sampai ke lokasi sekitar pukul 13.00 WIB dan api dapat dikendalikan sekitar pukul 15.00 WIB. Namun, para petugas masih melanjutkan pendinginan dan mencari titik api.

Diketahui, titik api berada di tumpukan sampah yang membuat petugas harus bekerja ekstra. Akhirnya, ‘si jago merah’ dapat dikalahkan setelah bergelut selama 13 jam.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, untuk dugaan sementara penyebab api berasal dari Gas Mentana (sebelumnya ditulis Metan) yang terdapat di bawah tumpukan sampah. (Mg9)

BACA JUGA: Kebakaran TPA Cikundul Kota Sukabumi, ini Dugaan Penyebabnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan