Menkop UKM Imbau Pemerintah Daerah Sinergikan Program Hilirisasi UMKM

Selain itu, kata Teten pihaknya pun saat ini tengah menyoroti industri nikel yang seharusnya bisa dikuasai oleh para penggiat UMKM.

Bahkan dirinya sudah membahas hal tersebut dengan Presiden agar persoalan nikel bisa diserahkan kepada UMKM.

“Jangan lagi program UMKM hanya dikonsumsi oleh UMKM tertentu. Sudah pasti semua elemen itu pasti ada nikelnya. Saya sudah pahami dan bahas bersama dengan presiden, soal nikel ini kalau bisa diserahkan untuk UMKM,” terangnya.

Bahkan kata Teten, pihaknya mencontohkan dua negara seperti Korea dan Jepang yang bisa berhasil menjalankan industri nikel tersebut. Sehingga bisa menjadi rantau utama dalam produksi.

“Contoh, Korea dan Jepang dua negara tersebut sudah bisa menyuplai nikel ke Industri raksasa. Jadi UMKM harus menjadi rantai utama produksi, harus jadi supplier industri. Di luar negeri itu UMKM sudah menjadi penyuplai industri raksasa,” kata dia.

Sehingga, jika hal tersebut sudah berjalan, dirinya sangat meyakini tambang-tambang kecil milik warga bisa diinisiasi oleh warga dan tidak akan dipermasalahkan lagi.

“Jadi nanti koperasi itu bisa masuk ke tambang-tambang yang diinisiasi warga, nantinya tambang warga itu tidak lagi di kejar-kejar oleh polisi,” tutupnya.(Agi)

Baca juga: Rusun yang Ada Penuh, Antrean Mengular

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan